Target Kapatuhan Pajak 2019 Hingga 85 Persen

Ilustrasi pajak (Pixabay)

Arah - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak pada tahun 2018 meningkat hingga mencapai 72 persen. Targetnya kepatuhan pada tahun 2019 akan menjadi 85 persen.

“Itu tren yang baik. Saya ingin Direktorat Jenderal Pajak terus melakukan kampanye,” ujarnya.

Sri Mulyani berharap Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus melakukan komunikasi kepada masyarakat untuk melakukan kewajiban pembayaran pajaknya. Hal ini mengingat batas akhir pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan pada 31 Maret 2019.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, saat melakukan kunjungan ke kantor-kantor pajak pada tanggal 31 Maret, Sri Mulyani menyaksikan kepanikan wajib pajak dalam melaporkan SPT-nya.

Baca Juga: DPR: Pemerintah Perlu Atur Pajak Toko Online Asing
Pajak e-Commerce Terbit, Siap-Siap Harga Barang Online Naik

“Kasihan mereka harus mengisi dan kadang-kadang kemudian mereka panik dan menyebabkan suasana dari wajib pajak sendiri menjadi tidak nyaman,” kata Sri Mulyani seperti dikutip dari situs Ditjen Pajak, Senin (4/3/2019).

Sejak 2012, DJP mulai memperkenalkan pelaporan pajak melalui online yaitu e-Filing dan pembayaran pajak dengan e-Billing. Masyarakat tidak perlu harus ke bank, bisa melalui ATM.

“Nah, ini dua hal yang kami harap sangat bisa memudahkan masyarakat,” tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, masyarakat sekarang sangat lekat dengan gawainya. Pelaporan e-Filing dan pembayaran dengan e-Billing akan memudahkan masyarakat melaksanakan kewajibannya secara efisien dan mengurangi beban administrasi maupun emosional masyarakat.

Berita Terkait

Penyampaian SPT Tahunan Secara Online Tahun Ini Meningkat Penyampaian SPT Tahunan Secara Online Tahun Ini Meningkat
Akhirnya Google Sepakati Pembayaran Pajak ke Pemerintah Akhirnya Google Sepakati Pembayaran Pajak ke Pemerintah
Sri Mulyani: WP yang Enggan ke Kantor Pajak Punya Niat Buruk Sri Mulyani: WP yang Enggan ke Kantor Pajak Punya Niat Buruk

#SPT #SPT Online #SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) #wajib pajak #Kemenkeu #Sri Mulyani #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar