Medsos 'Senjata Ampuh' Membangun Bisnis

Media sosial (Pixabay)

Arah - Di era digital, media sosial (medsos) sangat berguna bagi pelaku usaha jika dimanfaatkan dengan benar. Medsos bisa menjadi 'senjata' ampuh untuk meningkatkan kinerja penjualan produk mereka dan bertahan agar tidak tergilas zaman.

Banyak manfaat yang didapatkan pelaku UMKM jika bekerja dengan memanfaatkan medsos. Salah satunya dalam hal efisiensi karena jarak, ruang, waktu dan harga barang yang seringkali menjadi kendala bisa dieliminir.

Dengan memanfaatkan sosmed, pelaku usaha dapat menekan biaya promosi karena tidak lagi membutuhkan ruangan luas untuk memajang produk mereka. Kapan dan dimana pun, pelaku UMKM bisa menawarkan produk lewat toko online mereka.

Jarak tidak lagi menjadi hambatan dalam pengiriman produk. Mereka bisa bermitra atau memanfaatkan perusahaan jasa kurir antar barang yang tepat waktu dalam pengiriman dengan harga bersaing. Bahkan ada perusahaan jasa kurir yang jangkauannya mendunia.

Baca Juga: China Miliki Tiga Media Lembaga Penyiaran Resmi
Wow Benarkah Facebook Kembangkan Mata Uang Baru

Selain itu dengan mempromosikan dan menjual produk melalui medsos, pelaku UMKM bisa menekan jumlah tenaga kerja. Bahkan untuk bisnis tertentu bisa dilakukan seorang diri.

Selain membuka jaringan, medsos juga bisa digunakan untuk membaca peluang usaha. Namun yang harus diingat medsos hanyalah alat sehingga harus didukung dengan pengetahuan dasar berbisnis yang kuat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis melalui medsos. Tidak hanya skill dalam berbisnis seperti pemasaran dan kualitas produk, tetapi juga harus menjaga sikap dan perilaku.

Berita Terkait

Studi: Pengguna Media Sosial Bisa Ganggu Kesehatan Mental Studi: Pengguna Media Sosial Bisa Ganggu Kesehatan Mental
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela
Wow, Bogor Raih Anugerah Kota Terpopuler di Media Wow, Bogor Raih Anugerah Kota Terpopuler di Media

#bisnis #tips bisnis #Sosial Media #Media Sosial #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar