Kemenperin Targetkan 3000 Wirausaha Baru Tumbuh di 2019

Ilustrasi wirausaha (Pixabay)

Arah - Sejak tahun 2017, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan edukasi dan pembinaan terhadap IKM untuk masuk e-commerce melalui program e-Smart IKM. Ini merupakan upaya pemerintah untuk memperluas akses pasar IKM dan memperbesar presentase produk Indonesia di e-commerce.

“Sebanyak 5.945 IKM di seluruh Indonesia telah mengikuti workshop e-Smart IKM dan membukukan transaksi lebih dari Rp1,38 miliar pada tahun 2018. Upaya pemberdayaan IKM melalui e-commerce sejalan dengan 10 Prioritas Nasional Making Indonesia 4.0 yaitu Pemberdayaan UMKM melalui teknologi.

Kemenperin menargetkan pertumbuhan lebih dari 3000 wirausaha baru pada tahun 2019. Sejak tahun 2015 hingga akhir 2018, Kemenperin telah memberikan bimbingan teknis kepada 44.294 pelaku IKM dan fasilitasi legalitas usaha kepada 11.289 IKM.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih menjelaskan, di tengah tren ekonomi digital, IKM nasional semakin didorong untuk aktif dalam memasarkan produknya melalui perdagangan online. Dalam hal ini, melalui program e-Smart IKM, Kemenperintelah bekerja sama dengan sejumlah marketplace.

Baca Juga: 21 WNI Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia
Ini Jajaran Pengusaha Muslim Indonesia Terkaya Versi Forbes

“Melalui berbagai kerja sama yang telah dilakukan, kami berharap, akan terjadi sinergi dalam pengembangan dan pembinaan IKM yang mengarah pada one stop solution,” harapnya.

Gati menambahkan, saat ini pelaku IKM harus memiliki keinginan dan tekad yang kuat untuk lebih maju dan berkembang dengan dukungan dari pemerintah melalui program pemanfaatan teknologi digital e-Smart IKM.

Berdasarkan penelitian Deloitte Access Economics, pemanfaatan teknologi digital seperti media sosial, internet broadband, dan e-Commerce akan membuka peluang bagi para pelaku IKM untuk tumbuh dan berkembang. Pemanfaatan teknologi digital juga memberikan keuntungan terhadap kenaikan pendapatan hingga 80 persen.

Berita Terkait

Tren 'Marketplace' Diperkirakan Bakal Surut 10 Tahun ke Depan Tren 'Marketplace' Diperkirakan Bakal Surut 10 Tahun ke Depan
Peluang Indonesia Hadapi Era Ekonomi Digital Peluang Indonesia Hadapi Era Ekonomi Digital
Menperin Yakin Industri Otomotif Indonesia Tumbuh Pesat Menperin Yakin Industri Otomotif Indonesia Tumbuh Pesat

#Kemenperin #e-commerce #teknologi #Go Digital #Pasar Online/ Pasar Digital #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar