Jawaban KPU Soal Pindah Dapil Hingga WNA Masuk DPT

RDP KPU dengan Komisi II DPR. (Dok.KPU)

Arah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjawab sejumlah pertanyaan anggota dewan seputar persoalan kepemiluan yang muncul di masyarakat. Pertanyaan itu diajukan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR. RDP yang membahas persiapan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019.

Tak hanya soal pemilih yang pindah dapil. anggota dewan juga menanyakan isu Warga Negara Asing (WNA) yang masuk dalam DPT.

"Terkait dengan pemilih pindah dapil kemudian surat suaranya apakah diberikan semua, sebagian atau gimana. Kami masih pedomani ketentuan dalam Udang-undang, sementara sedang dalam proses yudicial review di MK jadi kita tunggu putusan di MK," ujar Ketua KPU Arief Budiman.

Sementara terkait STTP, KPU akan menjadwalkan rapat koordinasi dengan pihak Kepolisian.

"Terkait asuransi badan adhoc, pada prinsipnya saat pembahasan dengan Kementerian Keuangan bisa disetujui tapi sampai saat ini kami belum terima jawaban tidak lanjut belum ada," jelasnya.

[baca_juga]

Untuk persoalan WNA yang masuk dalam DPT, KPU menegaskan sudah melakukan penelitian dan penghapusan nama WNA yang terdaftar. Ke depan apabila masih ditemukan hal serupa, KPU akan mencoret nama WNA tersebut.

"Kemudian, kami sudah bentuk tim hoaks jadi apabila nanti ada hoaks tim itu bisa bergerak membuat berita ataupun desain jadi masyarakat tahu mana yang hoaks mana yang bukan," pungkasnya seperti dilansit sutus KPU, Rabu (13/3/2019).

Berita Terkait

Ramai Isu DPT, Ini Cara Bedakan e-KTP WNI dan WNA Ramai Isu DPT, Ini Cara Bedakan e-KTP WNI dan WNA
Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa
Duh Jelang Pilpres Kemungkinan Serangan Siber Menyerang ... Duh Jelang Pilpres Kemungkinan Serangan Siber Menyerang ...

#kpu #DPR #Warga Negara Asing (WNA) #Daerah Pemilihan (Dapil) #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar