Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpengaruh Isu Negatif

Menko Polhukam Wiranto (Dok.Humas Menko Polhukam)

Arah - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir akan adanya gangguan fisik dalam pelaksanaan pemilu. Pernyataan Menko Polhukam menanggapi masih adanya isu yang meresahkan menjelang Pemilu 2019.

“Saya nyatakan di sini dari eskalasi yang ada, dari laporan intelijen, katakan tidak ada kerusuhan. Keadaan masih terkendali dengan baik sampai sekarang dan mudah-mudahan sampai nanti pemilu,” ujar Wiranto dalam keterangannya usai memimpin Rakorsus Tingkat Menteri membahas Kesiapan Pemerintah, Penyelenggara dan Aparat Keamanan Menjelang Kampanye Terbuka Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Wiranto meminta masyarakat tetap tenang dan tidak mempercayai isu negatif. Dia juga meyakinkan masyarakat untuk tetap tinggal dan tidak perlu meninggalkan Indonesia karena tidak ada kerusuhan.

Dikatakan Wiranto, aparat keamanan menjamin keamanan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya untuk memilih presiden, wakil presiden, anggota legislatif dan anggota DPD.

“Lima tahun sekali hak pilih tidak dapat dilaksanakan karena hanya takut isu, jangan sampai dan kami aparat keamanan betul-betul menjamin keamanan itu akan dapat kita selenggarakan dengan sebaik-baiknya,” tegas Wiranto.

Baca Juga: OTT KPK, 6 Orang Termasuk Romahurmuziy Dibawa ke Jakarta
Indonesia Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru

Sebelumnya Menko Polhukam seperti dilansir humas Kemenko Polhukam menegaskan persiapan penyelenggaraan pemilu 2019 telah berjalan dengan baik. Tidak ada hal-hal cukup serius yang dapat menghambat terlaksananya tahapan pemilu serentak pada 17 April mendatang.

“Saya sampaikan kepada masyarakat semuanya bahwa tahapan pemilu sebelumnya mengenai rapat terbatas, rapat tertutup, tatap muka dan sebagainya sudah kita lalui dan masih akan berlangsung, dan secara umum kita nyatakan bahwa sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan prima. Artinya, tidak ada hal-hal cukup serius yang dapat menghambat terlaksananya tahapan-tahapan berikutnya dalam rangka pemilu serentak 2019,” kata Wiranto.

Terkait isu-isu yang beredar di masyarakat, Menko Polhukam berharap agar masyarakat kebal isu. Ia menghimbau masyarakat supaya pandai untuk melihat apakah isu itu benar atau tidak dan jangan mudah terpancing dengan berita hoax.

“Biasanya isu itu muncul di medsos dan sekarang kebebasan medsos kita ini sudah sangat luar biasa. Hanya kalau sampai itu hoaks, tidak ada fakta atau merupakan kampanye hitam, sudah ada Undang-Undang. Kita bisa tangkap mereka, karena kita sudah punya teknologi untuk menyusuri sejak dari penyebar isu itu siapa, jadi hukum nanti yang akan berbicara,” tegasnya.

Berita Terkait

Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT
Pengamat: Lolosnya PBB Ubah Peta Politik 2019 Pengamat: Lolosnya PBB Ubah Peta Politik 2019
Demi Pemilu Damai, Kakek Ini Rela Jalan Kaki 549 Kilometer Demi Pemilu Damai, Kakek Ini Rela Jalan Kaki 549 Kilometer

#Pemilu 2019 #pilpres 2019 #Menkopolhukam #Wiranto #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar