Ini Penyebab Banjir Bandang di Sentani

Banjir melanda wilayah Kabupaten Sentani, Papua, Jumat (15/3). (Dok.BNPB)

Arah - Sembilan kelurahan di Kecamatan Sentani, Jayapura, Papua diterjang banjir bandang pada Sabtu 16/3/2019 pukul 21.30 WIT. Selain permukiman, banjir juga menggenangi fasilitas umum seperti rumah sakit.

Kesembilan kelurahan yang dilanda banjir meliputi Kelurahan Barnabas Marweri, Piter Pangkatana, Kristian Pangakatan, Didimus Pangkatana, Andi Pangkatana, Yonasmanuri, Yulianus Pangkatana, Nelson Pangkatan, dan Nesmanuri.

Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Jayapura sejak pukul 18.00 WIT. Saat ini banjir telah surut meninggalkan lumpur, kayu gelondongan dan material lainnya.

Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI dan relawan melakukan penanganan darurat. Posko didirikan ebdan sagian bantuan disalurkan kepada korban.

Baca Juga: Pengorbanan Seorang Kakek Saat Insiden Penembakan New Zealand
Tantangan Pemerintah Membuat Aturan e-Commerce

Menurut BNPB, melihat dampak dan area banjir bandang di Sentani, kemungkinan disebabkan longsor di bagian hulu yang kemudian menerjang bagian hilir. Karakteristik banjir bandang yang sering terjadi di Indonesia diawali longsor di bagian hulu kemudian membendung sungai sehingga terjadi badan air atau bendungan alami.

Karena volume air terus bertambah kemudian badan air atau bendung alami ini jebol dan menerjang bagian bawah dengan membawa material-material kayu gelondongan, pohon, batu, lumpur dan lainnya dengan kecepatan aliran yang besar. Ini ditambah dengan curah hujan yang berintensitas tinggi dalam waktu cukup lama. Pada tahun 2007, kejadian banjir bandang juga pernah terjadi di Distrik Sentani.

Berita Terkait

Dua Arah Jalur Bandung-Garut Macet Akibat Banjir Dua Arah Jalur Bandung-Garut Macet Akibat Banjir
Banjir Bandang Terjang SMAN 2 Bogor, Telan 2 Korban Jiwa Banjir Bandang Terjang SMAN 2 Bogor, Telan 2 Korban Jiwa
Waspada, BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis Dekati NTT Waspada, BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis Dekati NTT

#banjir #Dampak Banjir #korban banjir #banjir bandang #Sentani #Papua #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar