Istilah Menarik dalam Debat Ketiga Pilpres 2019

Ilustrasi dunia pendidikan (Pixabay)

Arah - Debat ketiga Pilpres 2019 yang mempertemukan cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno telah berakhir. Ada istilah menarik yang didisebut kedua cawapres selama debat berlangsung.

Ma'ruf Amin menyebut istilah DUDI. Istilah itu muncul saat Ma'ruf menjawab pertanyaan tentang dana riset. Cawapres 01 itu mengatakan akan membentuk Badan Riset Nasional. Pembentukan badan baru itu bukan untuk menambah lembaga, tetapi efisiensi.

"Kita juga memang merencanakan untuk mengikutsertakan semua pihak terutama pemerintah, akademisi dan DUDI," ujarnya saat debat di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Ma'ruf kemudian menjelaskan DUDI merupakan singkatan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. Dengan melibatkan DUDI, Ma'ruf optimistis riset di Indonesia akan berkembang menuju ten years challenge.

Baca Juga: Format Debat Ketiga Pilpres 2019 Sedikit Berbeda
Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat

Link and Match
Sementara Cawapres Sandiaga Uno menyebut istilah link and match saat berbicara tentang dunia pendidikan di Indonesia. Dia menjanjikan peserta didik memiliki kesempatan mendapatkan pendidikan berkualitas.

"Instrumen banyak sekali yang bisa dipakai dan saya yakin selama Prabowo-Sandi diberi kewenangan untuk mengalokasi jumlah, kita pastikan link and match bahwa peserta didik memiliki kesempatan bukan hanya mendapatkan pendidikan berkualitas, tapi setelah mereka lulus dapat kesempatan kerja. Kami yakin ini jadi prioritas membawa Indonesia menang," kata Sandi.

Istilah link and match itu kemungkinan merujuk pada Paper yang diterbitkan Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Judul papaer itu 'Link and Match Dunia Pendidikan dan Industri dalam Meningkatkan Daya Saing Tenaga Kerja dan Industri'.

Sasaran program link and match yakni tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi. Untuk sekolah menengah, sasaran program pemerintah adalah mengubah proporsi siswa SMA vs SMK dari 70:30 menjadi 30:70.

Program link and match telah dicanangkan sejak 1989 atau di era Menteri Pendidikan Wardiman. Tujuannya untuk menjembatani kompetensi tenaga kerja dengan kebutuhan pasar kerja.

Berita Terkait

Format Debat Ketiga Pilpres 2019 Sedikit Berbeda Format Debat Ketiga Pilpres 2019 Sedikit Berbeda
Sandiaga Ingin Pulau Seribu Jadi Beranda Jakarta Sandiaga Ingin Pulau Seribu Jadi Beranda Jakarta
Segera Digelar, Ini Panelis dan Moderator Debat ke-3 Pilpres     Segera Digelar, Ini Panelis dan Moderator Debat ke-3 Pilpres

#Sandiaga Uno #Ma'ruf Amin #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar