Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana

Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo (Dok.Bawaslu)

Arah - Badan Pengawas Pemilu menemukan berbagai bentuk pelanggaran Pemilu. Hingga H-33 pemungutasn suara, jumlah pelanggaran pemilu yang direkap Bawaslu tercatat 6455 kasus.

Data ini bersumber dari temuan pengawas Pemilu dan laporan masyarakat. Dari 6455 pelanggaran Pemilu, 555 di antaranya merupakan pelanggaran tindak pidana Pemilu/

“Jadi setelah diinvetalisir data berdasarkan jenis pelanggaran, 555 merupakan pelanggaran pidana Pemilu. Dan sebanyak 49 kasus naik ke pengadilan kemudian 43 sudah inkrah, bahkan ada beberapa yang telah dieksekusi,” ujar Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo dilansir situs Bawaslu.

Mantan Ketua Bawaslu Sulteng ini menegaskan, dari 6455 kasus, pelanggaran administrasi Pemilu paling tinggi. Pelanggaran alat peraga kampanye (APK) yang dilakukan peserta Pemilu paling dominan.

Ratna Dewi memaparkan lima provinsi teratas yang menghasilkan temuan dan lima provinsi yang mendapatkan laporan terbanyak pelanggaran. Lima provinsi teratas dengan temuan terbanyak, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Kejutan, Real Madrid Tersingkir dari Liga Champions
Perpres Penyesuian Gaji Pokok PNS Berlaku Juga Untuk CPNS

Untuk lima provinsi dengan laporan tertinggi dari masyarakat adalah Jawa Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Bawaslu meminta penegakan hukum pemilu yang dimotori pengawas pemilu, penyidik dari kepolisian, dan penuntut dari kejaksaan adil untuk semua pihak yang berperkara.

“Penegakan hukum Pemilu kami anggap sebagai mahkotanya Bawaslu, tentu Bawaslu tidak ingin mahkota tersebut jatuh karena penegakan huykum pemilu yang dianggap tidak adil,” pungkasnya.

Berita Terkait

Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa
Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona
Tak Terlibat Bukan Berarti Anak Tak Boleh Tahu Pemilu Tak Terlibat Bukan Berarti Anak Tak Boleh Tahu Pemilu

#Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #kpu #kampanye #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar