Salah Kaprah, Ini Beda Ekonomi Digital dan Revolusi Industri

Ilustrasi revolusi industri 4.0 (Pixabay)

Arah - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengingatkan agar tidak menyamakan fungsi ekonomi digital dan Revolusi Industri 4.0. Menurutnya dua istilah itu memiliki tujuan berbeda.

“Kadang-kadang kita masih campur aduk istilah antara ekonomi digital dan revolusi industri keempat. Sesungguhnya revolusi industri itu adalah bagaimana meningkatkan produktivitas dari ekosistem industri manufaktur, utamanya dengan memanfaatkan teknologi sebagai enabler,” ujarnya.

Menteri Rudiantara menjelaskan sebagai enabler, teknologi yang digunakan dalam Industri 4.0 antara lain Internet of Things (IoT), Big Data Analytics, Artificial Intelegence (AI), Big Learning, Machine Learning maupun teknologi industri lainnya.

Sementara ekonomi digital merupakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada dalam proses bisnis. Namun demikian, tetap memanfaatkan teknologi sebagai enabler. Ciri khusus ekonomi digital adalah pola pikir yang bukan hanya dari pemikiran out the box.

Baca Juga: KPU Akan Evaluasi Pelaksanaan Debat Ketiga Pilpres 2019

“Saya selalu katakan ‘out of the box is not enough’ yang kita butuh adalah pemikiran ‘no box’. Jadi apapun yang dipikirkan, kaki jadi tangan, tangan jadi kepala, telinga jadi mata dan lain sebagainya yang penting badannya tetap utuh,” jelas Rudiantara

Rudiantara dilansir situs Kemenkominfo menyebut dua pendekatan berbeda antara ekonomi digital dan revolusi digital mengacu pada definisi World Economic Forum. Namun, menurut Rudiantara, apapun namanya di era revolusi industri seperti sekarang, teknologi digital harus tetap disiapkan untuk generasi milenial kedepannya.

Berita Terkait

Ini Kata Menkominfo Soal Alibaba Cloud yang Hadir di Indonesia Ini Kata Menkominfo Soal Alibaba Cloud yang Hadir di Indonesia
Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia Mendapat Pujian Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia Mendapat Pujian
Kominfo Blokir Ratusan Fintek Ilegal Kominfo Blokir Ratusan Fintek Ilegal

#Rudiantara #Kemenkominfo #Ekonomi Digital #teknologi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar