Nominal Tarif MRT Jakarta Diserahkan ke Pemprov DKI

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal MRT Jakarta yang akan diresmikan 24 Maret 2019. (Dok.Kemenhub)

Arah - Kementerian Perhubungan menyerahkan kepada Pemerintah DKI untuk nominal tarif MRT Jakarta karena berikaitan dengan subsidi. Namun diharapkan Pemda DKI bisa menetapkan sebelum 24 Maret 2019.

Peresmian sekaligus ground breaking yang fase timur ke selatan akan dilakukan pada 24 Maret 2019. Pemerintah juga akan melakukan percepatan pembangunan MRT dari fase timur ke barat. Selain itu pemerintah berusaha mengkolaborasikan MRT, LRT, dan TransJakarta agar terkoneksi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sosialisasi MRT sangat penting. Pasalnya MRT dapat menjadi komitmen dari pemerintah dan masyarakat untuk menjadikan transportasi massal semakin baik.

“Terkait MRT, sosialisasi itu penting, satu titik balik. Kalau kita bisa menggunakan peradaban baru yang namanya angkutan massal, maka akan serta merta angkutan baru itu menjadi satu kegembiraan peradaban baru. Karena itu kita mulai komitmen dari pemerintah dan masyarakat untuk membangun peradaban baru, dan menjadi semangat membangun yang baru,” ujar Menhub.

Peradaban baru yang dimaksud adalah, sikap disiplin masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Seperti memaksa masyarakat untuk melakukan budaya antre, tidak boleh makan dan minum sembarang di dalam MRT, sehingga menjadi kebiasaan baru yang baik.

Baca Juga: Segera Diresmikan, MRT akan Siapkan Gerbong Khusus Wanita
Pengalaman Menkeu Sri Mulyani Naik MRT Jakarta

Lebih lanjut dilansir situs Kemenhub, Budi Karya mengungkapkan uji coba MRT yang dilakukan Presiden Jokowi menandakan ekspektasi masyarakat yang besar terhadap MRT. Meskipun masih ada kekurangan yang minor selama uji coba, tapi itu akan segera diperbaiki agar semakin sempurna.

“Saya liat dari sisi antusiasme masyarakat MRT tinggi sekali, ini memang harus kita jaga dengan baik karena kepercayaan masyarakat ini,” pungkasnya.

Berita Terkait

Segera Diresmikan, MRT akan Siapkan Gerbong Khusus Wanita Segera Diresmikan, MRT akan Siapkan Gerbong Khusus Wanita
Pengalaman Menkeu Sri Mulyani Naik MRT Jakarta Pengalaman Menkeu Sri Mulyani Naik MRT Jakarta
Mau Ikut Uji Coba MRT Jakarta, Caranya Gampang Mau Ikut Uji Coba MRT Jakarta, Caranya Gampang

#MRT Jakarta #Kemenhub #presiden jokowi #Transportasi #Moda Transportasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar