Tips Belanja Mudah dan Aman di Situs e-Commerce

Ilustrasi e-commerce (Pixabay)

Arah - Situs belanja online atau e-commerce berkembang pesat seiring perkembangan teknologi internet di Indonesia. Belanja lewat situs e-commerce saat ini sudah menjadi hal biasa.

Belanja online menjadi tren tidak hanya milenial tetapi semua kalangan. Nah, agar kamu merasa semakin aman dan nyaman berbelanja di situs, ini beberapa tipsnya:

1. Lakukan riset 
Langkah ini perting terutama ketika akan berbelanja online di situs belanja yang sebelumnya pernah kamu kunjungi. Untuk lebih meyakinkan periksa nomor telepon penjual dan coba hubungi.

Cari ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja di situs tersebut. Jika testimoni konsumen lebih banyak berisi keluhan sebaiknya tinggalkan.

2. Pelajari kebijakan situs belanja 
Pelajari kebijakan seperti garansi, pengembalian barang jika ternyata yang kamu terima dalam kondisi rusak. Pastikan ada kebijakan dan garansi untuk barang yang rusak dari pabrik. Jangan lupa periksa siapa yang membayar ongkos kirim pengembalian barang itu.

3. Cermati deskripsi produk 
Sebelum membeli barang, baca deskripsi produk dengan cermat. Ketelitian dibutuhkan untuk memastikan barang yang kamu pesan memang produk asli bukan palsu.

Baca Juga: Nilai Ekspor Produk Kriya Nasional Terus Meningkat
Menunggu Fitur Baru WhatsApp Manjakan Pengguna

4. Pilih cara pembayaran
Umumnya pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, ATM, atau gerai retail modern. Dengan kartu kredit kamu punya bukti kalau sudah melakukan transaksi. Selain kartu kredit, Anda juga bisa menggunakan sistem pembayaran lain atau Cash On Delivery (COD).

5. Bandingkan dengan situs lain
Hitung akumulasi biaya yang kamu keluarkan untuk membeli sebuah produk mulai dari harga prodik, ongkos kirim dan lain-lain. Bandingkan biaya yang kamu bayarkan dengan situs lain.

6. Simpan bukti transaksi
Untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu, misalnya barang pesanan tidak sampai tepat waktu atau hilang dan lain-lain, simpan bukti transaksi. Dengan memiliki bukri transaksi, kamu akan lebih mudah untuk mengurusnya.

Berita Terkait

Mata Uang Virtual Kerap Terkena Serangan Malware Mata Uang Virtual Kerap Terkena Serangan Malware
Tahun Ini, E-commerce di Indonesia Capai Rp300 Triliun Tahun Ini, E-commerce di Indonesia Capai Rp300 Triliun
5 Anjuran Sebelum Belanja Online 5 Anjuran Sebelum Belanja Online

#e-commerce #Tips Belanja #Belanja/ Transaksi Online #Transaksi online #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar