Go Digital Jadi Andalan untuk Menangkan Pasar Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 (Pixabay)

Arah - Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan program Go Digital menjadi salah satu program strategis Kemenpar dalam upaya menenangkan pasar di era industri 4.0. Saat ini terjadi perubahan perilaku pasar yang bergeser ke arah digital atau industri digital era 4.0.

Perubahaan perilaku pasar diikuti pula dengan berubahnya perilaku konsumen (customer behavior) yang semakin mobile, personal, dan interatif dan ini menjadi sifat dari digital yakni ‘semakin digital, semakin personal’ (The more digital, the more personal). Perubahaan perilaku konsumen yang mempengaruhi pasar digerakkan kaum milenial.

“Milenial itu selalu digital, mobile, interaktif jumlahnya mencapai 50% dari jumlah wisman yang inbound ke Indonesia. Siapa yang menguasai komunitas anak muda, dialah yang berpotensi ‘winning the future market’,” kata Arief Yahya.

Arief Yahya bersama Kepala BPPT Hammam Riza menyaksikan pameran (displai) teknologi FEWS dan LEWS yang telah di pasang di sejumlah daerah raman bencana.

Menurut Arief Yahya, bencana bisa terjadi kapan saja, tidak bisa diprediksi dan relatif tidak bisa dihindari. Tetapi hal yang terpenting kalau sudah terjadi adalah bagaimana mengatasinya dan bagaimana meminimalisir risiko yang diimbulkan.

Baca Juga: Teknologi Bencana Tingkatkan Daya Saing Destinasi Pariwisata
Tips Belanja Mudah dan Aman di Situs e-Commerce

“Untuk ini Kemenpar sudah membuat tim Mitigation Plan dengan menggunakan standar dunia dari UNWTO,” kata Arief Yahya.

Dia menjelaskan, dampak bencana sangat besar bagi dunia pariwisata. Bencana alam erupsi, gempa bumi, dan tsunami yang terjadi dalam dua tahun berturut-turut belakangan ini telah mengganggu target pariwisata nasional.

Berita Terkait

Teknologi Bencana Tingkatkan Daya Saing Destinasi Pariwisata Teknologi Bencana Tingkatkan Daya Saing Destinasi Pariwisata
Kemenpar Pamerkan Paket Wisata Kepada Delegasi IMF Kemenpar Pamerkan Paket Wisata Kepada Delegasi IMF
Pameran InaWeek di Shanghai Promosikan Asian Games 2018 Pameran InaWeek di Shanghai Promosikan Asian Games 2018

#Go Digital #kemenpar #Pariwisata #Arief Yahya #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar