Tips Kembangkan Bisnis Tembus Pasar Global

Ilustrasi pasar global (Pxhere)

Arah - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) harus siap menghadapi tantangan dalam mengembangkan bisnis mereka. Kondisi pasar dan regulasi menuntut pelaku UKM untuk beradaptasi jika tidak ingin tertinggal dalam persaingan.

Apa yang harus dilakukan pelaku UKM agar bisnis mereka dapat berkembang dan menembus pasar global? Berikut tipsnya menurut Programe Director Next Level Hipmi Jabar, Helma Agustiawan:

1. Go Green
Saat ini kesadaran menjaga lingkungan menjadi salah satu pondasi agar bisnis UKM bisa terus berkembang. Karena itu, produk UKM harus ramah lingkungan, misalnya tidak lagi menggunakan plastik dan styrofoam untuk kemasan produk makanan.

Memang kemasan ramah lingkungan membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding plastik atau styrofoam. Namun, sudah banyak pelaku usaha yang sukses karena produknya ikut mengkampanyekan 'go green'.

Saat ini sudah banyak konsumen yang menyadari dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Bagi mereka, produk ramah lingkungan memiliki nilai tambah.

Baca Juga: Tips Belanja Mudah dan Aman di Situs e-Commerce
Nilai Ekspor Produk Kriya Nasional Terus Meningkat

2. Go Global
Agar produk bisa beredar di pasar global, pelaku UKM harus mulai memikirkan untuk ekspor atau menjalin kerja sama dengan pelaku usaha asing. Cara kedua lebih terukur karena pelaku usaha asing lebih memahami situasi dan kondisi di lapangan. Selain itu pelaku UKM bisa belajar dari mereka,

Salah satu syarat produk UKM agar bisa bersaing di pasar global adalah ramah lingkungan. Sejumlah negara di Eropa dan negara maju lainnya memiliki aturan ketat soal produk yang akan masuk.

3. Go Digital
Selain 'go green' dan 'go global', pelaku UKM harus 'go digital' dalam arti menerapkan digitalisasi terutama dalam pemasaran produk. Saat ini, pasar menuntut kemudahan dalam mendapatkan barang dan jasa.

Pelaku UKM tidak perlu khawatir dengan bisaya yang yang telah dikeluarkan untuk membangun infrastruktur IT. Biaya tersebut merupakan bagian dari investasi dan akan tergantikan. Digitalisasi sudah menjadi keharusan dan akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas. 

Berita Terkait

Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha
Jangan Sampai Modal Jadi Penghalang Kesuksesan Anda Jangan Sampai Modal Jadi Penghalang Kesuksesan Anda
Ekspor Indonesia ke China Naik 34 Persen Ekspor Indonesia ke China Naik 34 Persen

#bisnis #tips bisnis #tips sukses bisnis #UMKM #Ekonomi #Go Green #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar