Bawaslu Imbau Kampanye Terbuka Diisi Adu Gagasan dan Program

Ketua Bawaslu Abhan memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Gugus Tugas Pengawasan Pemilu 2019 di Medan, Jumat (8/3/2019). (Dok.Bawaslu)

Arah - Masa kampanye rapat umum dan iklan kampanye pemilu akan berlangsung 24 Maret-13 April 2019. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meminta 16 partai politik dan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden lebih mengedepankan adu gagasan dan program.

Ketua Bawaslu Abhan mengingatkan kampanye politik harus mencerdaskan dan tidak bertentangan dengan hukum. Kampanye hoaks harus diganti dengan adu program dan gagasan.

Agar pemilu 2019 berlangsung kondusif dan bertanggung jawab, Bawaslu meminta peserta pemilu 2019 mendeklarasikan komitmen bersama dalam pelaksanaan kampanye rapat umum. Tujuannya, agar kampanye Pemilu 2019 beretika dan bermartabat.

Bawaslu meminta perwakilan 16 partai politik dan tim sukses pasangan calon nomor urut 01 dan 02 membaca deklarasi kemudian menandatangani komitmen bersama.

Baca Juga: Jalan Kaki 600 Km, Pemuda Gunung Kidul Kampanye Pemilu Damai
Begini Harapan Ketua DPR Terkait Pemilu 2019

"Karena itu, antara peserta harus waspada dan meningkatkan kebersamaan dan kerja sama yang kuat menciptakan pemilu tanpa kekacauan politik," ujarnya saat membuka Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu, di Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyambut baik deklarasi komitmen bersama yang diprakarsai Bawaslu/

"Upaya ini bisa diikuti seluruh wilayah Indonesia untuk bersama-sama membangun sebuah kesepakatan agar di hari-hari terakhir penyelenggaraan kampanye, terutama kampanye dalam bentuk rapat umum atau iklan kampanye bisa berjalan dengan lancar, aman, damai, dan demokratis," katanya.

Berita Terkait

Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa
Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana
Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona

#kampanye #Pemilu 2019 #Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #pilpres 2019 #kpu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar