2 Nama Moderator Debat Keempat Pilpres 2019 Telah Diputuskan

KPU akan menggelar Debat Keempat Pilpres 2019. (Dok.KPU)

Arah - Siapa moderator yang akan memandu jalannya Debat Keempat Pilpres 2019? Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 dan disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah mengumumkannya pada Senin (25/3/2019),

Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi terpilih menjadi moderator yang akan memandu jalannya Debat Keempat Pilpres 2019. Terpilihnya kedua nama moderator telah melalui proses diskusi dan kesepakatan antara TKN 01 dan BPN 02, dimana keduanya juga telah diberikan ruang yang sama untuk menyampaikan nama-nama calon moderatornya kepada KPU.

“Berdasarkan paraturan perundangan moderator disepakati TKN 01 dan BPN 02,” ujar Anggota KPU RI Wahyu Setiawan seperti dilansir kpu.go.id saat memimpin Konfrensi Pers di Media Center KPU RI, Jakarta.

Sebelumnya Wahyu juga mengumumkan nama stasiun TV penyelenggara Debat Keempat yakni Grup Emtek dan Metro TV. Sementara host untuk proses pengundian Debat Keempat yakni Wanda Dwi Utari dan Rori Ansyari, host konfrensi pers Aviliani Malik dan Reza Ramadhansyah serta host Off Air dan Wall of Fame Prisca Niken dan Wahyu Wiwoho.

Direktur Program TKN 01, Aria Bima mengatakan nama moderator yang terpilih merupakan nama-nama yang sudah disampaikan pada rapat sebelumnya. Pertimbangannya antara lain profesionalitas, kompetensi dan hasil permufakatan dengan BPN 02.

Baca Juga: Iklan Kampanye di Masa Tenang Akan Ditindak
KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu

“Sehingga moderator tidak menjadi barrier (pembatas) atau ketidaknyamanan kandidat. Dan Retno serta Zulfikar kita anggap tepat,” jelasnya.

Hampir sama, Direktur Relawan BPN 02, Ferry Mursyidan Baldan menganggap kedua nama memiliki kemampuan untuk mengawal proses debat. Retno maupun Zulfikar juga dianggap sosok yang tepat dan mampu menjawab kekurangan dari moderator di debat-debat sebelumnya.

“Karena setiap kami debat selalu ada evaluasi dengan KPU, tv penyelenggara. Kita ambil pelajaran dari situ,” kata Ferry.

Berita Terkait

Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona
Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa Cara Bawaslu Cegah Pelanggaran Kampanye di Media Massa
Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana

#debat #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #kpu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar