KUR Perikanan Rakyat Kembali Disalurkan Serentak ke 6 Provinsi

Ilustrasi mencari ikan (Pixabay)

Arah - Pemerintah kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat senilai Rp201,2 miliar secara serentak di sentra nelayan dan budidaya ikan di enam provinsi. Keenam provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Tenggara.

“KUR sudah disalurkan sejak 2015 dengan suku bunga kredit tinggi dan jumlah kredit yang sedikit. Lalu, Presiden minta kita turunkan suku bunga KUR menjadi single digit dan kami realisasikan dengan menurunkan suku bunga KUR ke level 7% pada 2018,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di lokasi utama penyaluran KUR Perikanan Rakyat, di Pelabuhan Morodemak, Demak, Jawa Tengah, Minggu (24/03).

Tidak hanya suku bunga, pemerintah juga mengembangkan jenis KUR untuk rakyat, salah satunya KUR Perikanan Rakyat. Adapun, KUR yang disalurkan di Pelabuhan Morodemak mencapai Rp72,2 miliar ke 2.122 debitur.

Rincian plafonnya, Jawa Timur (Rp77,31 miliar untuk 2.348 debitur), Jawa Barat (Rp22,96 miliar untuk 700 debitur), Sulawesi Tenggara (Rp17,36 miliar untuk 698 debitur), Sumatera Selatan (Rp6,66 miliar untuk 169 debitur) dan NTB (Rp4,71 miliar untuk 167 debitur).

Sektor perikanan menjadi sektor ekonomi kerakyatan yang mendapatkan fasilitas skema KUR sejak 2015 selain perkebunan dan peternakan. Hingga Februari 2019, KUR Sektor Perikanan secara nasional berhasil disalurkan Rp5,2 triliun ke 220 ribu debitur.

Baca Juga: Bahan Baku Pengganti Sutra Dikenalkan ke Perajin Batik dan Tenun
Tips Kembangkan Bisnis Tembus Pasar Global

Meski begitu berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), share penyaluran kredit sektor perikanan pada Januari 2019 baru mencapai 0,23% dari total penyaluran kredit UMKM nasional sebesar Rp12,2 triliun. Dengan begitu, pemerintah merasa bahwa distribusi kemudahan akses pendanaan untuk sektor ini perlu dipacu lebih cepat.

“Pada kesempatan ini, saya juga meminta bank untuk mempercepat penggunaan kartu dalam penarikan KUR sesuai dengan kebutuhan debitur,” pungkasnya.

Berita Terkait

Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet? Usaha Mikro Sedot Kredit Hampir Rp100 Triliun, Berapa yang Macet?
Utang Pemerintah Makin Banyak, Ini Alasan Menteri Darmin Utang Pemerintah Makin Banyak, Ini Alasan Menteri Darmin
Pemerataan Ekonomi, Ini Permintaan Jokowi ke Menko Pemerataan Ekonomi, Ini Permintaan Jokowi ke Menko

#Nelayan #Kredit UMKM #Kredit Usaha Rakyat (KUR) #Darmin Nasution #Kemenko Perekonomian #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar