127 Akun Media Sosial Dilaporkan Bawaslu ke Kemenkominfo

Seminar Nasional Penegakan Hukum Terhadap Penyebar Berita Hoaks Menghadapi Pemilu 2019 di Semarang, Rabu (27/3/2019). (bawaslu.go.id)

Arah -Bawaslu tidak hanya melakukan berbagai upaya pencegahan, namun juga mengawasi serta menindak penyebaran hoaks atau berita yang tidak benar dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Hingga saat ini Bawaslu telah melaporkan 127 akun media sosial yang menyebarkan hoaks ke Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Ada 127 akun media sosial yang sudah kami laporkan ke Kominfo agar segera ditindaklanjuti dengan melakukantake down,” ujar Ketua Bawaslu, Abhan di Semarang, Rabu (27/3/2019).

Abhan menegaskan perilaku menyebarkan hoaks harus dihentikan karena dampaknya sangat besar. Penyebaran hoaks dapat mengancam turunnya kualitas pemilu, mengancam demokrasi, merusak rasionalitas pemilu, serta konflik sosial dan disintegrasi.

Baca Juga: Pemilu untuk Memilih Pemimpin Bukan Ajang Permusuhan
Bawaslu Berikan Akreditasi 51 Lembaga Pemantau Pemilu

Peraturan Bawaslu 28 Tahun 2018 mengatur Bawaslu tidak hanya mengawasai akun media sosial yang didaftarkan ke KPU namun juga seluruh akun media sosial.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran hoaks, Bawaslu telah melakukan sosialisasi, membuat iklan layanan masyarakat, serta kerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk dengan platform media sosial. Bawaslu telah membentuk Satgas Pengawasan Media Sosial. Selain akun medsosnya akan ditake down, seluruh pihak diminta tidak ikut menyebarkan mengingat terkait hoaks juga terdapat ancaman pidana.

Berita Terkait

Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat              Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat
Bawaslu Bantah Meme yang Beredar di Media Sosial Bawaslu Bantah Meme yang Beredar di Media Sosial
KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu

#Media Sosial #Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #Berita Hoax #Satgas Anti Hoax #Pemilu 2019 #pilpres 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar