Sudah Jadi Keharusan, e-Government Bisa Tingkatkan Efisiensi

Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri PANRB berfoto bersama wakil penerima penghargaan SPBE, di Jakarta, Kamis (28/3). (Foto: Humas Kementerian PANRB)

Arah - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menegaskan pentingnya akselerasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terintegrasi di seluruh instansi pemerintah. Menurut JK, penerapan SPBE harus segera direalisasikan.

“Penerapan SPBE merupakan keharusan, bukan pilihan. Karena itu jangan ditunda-tunda lagi,” ujar Wapres saat memberikan arahan dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi SPBE Tahun 2018, di Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Integrasi SPBE, lanjut JK, merupakan persoalan yang harus segera diselesaikan pemerintah adalah. Dia mencontohkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kalau mau membangun jalan, bisa langsung terintegrasi dengan Bappenas, serta pemda,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengemukakan, penerapan e-government, berdampak pada integrasi sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi.

Implementasi SPBE yang terpadu, menurut Menteri PANRB, bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

Baca Juga: Game Call of Duty Mobile Segera Dirilis
Sekarang Kamu Bisa Belanja Langsung di Instagram

“SPBE ini untuk menyinkronkan semua infrastruktur yang sudah ada, K/L/pemda supaya terintegrasi sehingga menghasilkan sebuah efektivitas dan efisiensi dan berujung pada pelayanan publik,” jelas Syafruddin.

Dikatakan Syafruddin, tata kelola pemerintah yang masih silau dalam penerapan SPBE, berdampak pada tidak terintegrasinya sistem aplikasi milik instansi pemerintah maupun lembaga yang berakibat pada pemborosan anggaran. Dengan integrasi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi.

Berita Terkait

Wapres JK Melayat ke Keluarga AM Fatwa Wapres JK Melayat ke Keluarga AM Fatwa
Wapres Buka Perdagangan Bursa Efek 2018 Wapres Buka Perdagangan Bursa Efek 2018
Wapres Buka Munas Kedaulatan Bangsa Wapres Buka Munas Kedaulatan Bangsa

#wapres #jusuf kalla #Pemerintah #kemenpanrb #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar