Butuh Modal Usaha, Ini Tips Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Ilustrasi modal kerja (Pixabay)

Arah - Saat ingin memulai usaha, selain menentukan jenis usaha, yang tak kalah penting adalah modal. Sebenarnya modal tidak menjadi masalah ketika Anda memiliki dana tabungan yang cukup.

Tapi bagaimana jika kondisinya sebaliknya? Jika Anda meminjam kepada keluarga atau teman belum tentu jumlahnya mencukupi untuk modal usaha.

Mengajukan pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha bisa menjadi solusi karena prosesnya relatif lebih mudah. Selain tidak perlu menyediakan agunan, persyaratannya tidak serumit kredit usaha pada umumnya.

Baca Juga: Tips Kembangkan Bisnis Tembus Pasar Global
Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis

Berikut tips mengajukan pinjaman tanpa agunan seperti dikutip dari HaloMoney:

1. Pilih pinjaman bunga rendah
Pada umumnya kredit usaha mewajibkan calon nasabah menyertakan izin usaha dan laporan keuangan. Tentu saja ini sangat menyulitkan bagi usaha pemula atau startup sehingga banyak pengusaha pemula memilih pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Namun ketiadaan syarat agunan membuat jenis pinjaman ini mematok bunga yang lebih tinggi. Karena itu, coba Anda atasi dengan mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang memberikan bunga kurang dari 1 persen per bulan.

2. Mengetahui skala usaha
Skala usaha ini bisa diketahui dari segmentasi pasar yang ingin Anda sasar. Misalnya target pasar Anda kalangan menengah ke bawah, modal yang dibutuhkan hanya berkisar di angka puluhan juta.

Berbeda jika usaha Anda membidik pasar menengah ke atas, sudah pasti barang atau jasa yang Anda jual atau tawarkan memiliki kisaran harga jual yang cukup tinggi. Temtu saja ini membutuhkan modal yang lebih besar.

3. Pilih pemberi pinjaman yang memberikan penawaran terbaik
Langkah selanjutnya memilih dan menentukan tempat pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Bank memiliki beragam produk dan diawasi regulator sehingga produk pinjaman tersebut dinilai sudah memenuhi persyaratan. Meski bank terbilang aman, tapi Anda juga harus mengecek terlebih dulu reputasi bank yang akan dipilih.

4. Tentukan produk pinjaman
Ketika sudah memutuskan akan mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan di mana, Anda tinggal menentukan produk pinjaman yang cocok dengan usaha Anda.

Perhatikan apa saja fitur dan keuntungan yang diberikan dan pastikan untuk membaca dengan baik syarat dan ketentuan berlaku mulai dari plafon pinjaman, suku bunga, jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar, serta jangka waktu cicilan yang ditawarkan.

5. Perhitungkan dengan matang pinjaman yang dibutuhkan
Penting untuk memperhitungkan dengan matang jumlah pinjaman yang Anda butuhkan karena akan berpengaruh pada kelangsungan usaha di masa depan. Jangan sampai di tengah jalan, usaha terhenti karena kehabisan modal.

Lakukan simulasi terlebih dahulu sebelum mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Hitung mulai dari apa saja yang harus dibeli untuk modal usaha, biaya operasional, gaji karyawan, dan lain-lain.

Berita Terkait

Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha
Budi Daya Jamur Kembali Menciptakan Wiraswasta Baru Budi Daya Jamur Kembali Menciptakan Wiraswasta Baru
Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis              Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis

#Tips Usaha #tips bisnis #kredit #Pinjaman Kredit #bisnis #wirausaha #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar