Tahun 2019 Saatnya Indonesia Merdeka Sinyal

Ilustrasi sinyal (Pixabay)

Arah - Di tahun 2019 Indonesia akan merayakan usia kemerdekaan yang ke-74. Di tahun ini pula pemerintah menargetkan Indonesia akan Merdeka Sinyal.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, sejak kemerdekaan, Indonesia belum merdeka sinyal. Banyak daerah belum merasakan akses internet cepat sebagaimana di Pulau Jawa. Namun, kondisi tersebut segera berubah dengan rampungnya Proyek Palapa Ring.

Rudiantara menjelaskan, perayaan Hut ke-74 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Target pemerintah untuk Indonesia merdeka sinyal akan tercapai pada pertengahan tahun nanti.

“Kita akan merayakan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, dari penjajahan. Tapi kita belum merdeka dari internet, nanti pertengahan tahun (2019) ini kita merdeka dengan internet kecepatan tinggi,” ujarnya dilansir situs Kemenkominfo.

Baca Juga: Aturan Penetapan Tarif Pesawat Batas Atas-Bawah Kelas Ekonomi
Penataan Segera Rampung, Kota Lama Diharapkan Jadi Tujuan Wisata

Dia menegaskan 514 pemerintahan kota maupun kabupaten di seluruh Indonesia, akan menikmati merdeka sinyal. Jaringan Palapa Ring akan menghubungkan 214.000 sekolah tingkat SD SMP maupun SMA/SMK, bahkan termasuk Islamic Boarding School (Pesantren atau Madrasah) serta beberapa sektor lainnya.

“Kita harus hubungkan semua, bagaimana menghubungkan sekolah di pojok sana? (daerah terpencil), kita pasang internet menggunakan satelit. Jadi kita harus punya satelit sendiri untuk menghungkan semua sekolah, puskesmas, kantor desa, koramil, polsek dan lain sebagainya,” katanya.

Meski demikian, Menkominfo mengatakan tidak semua bisa dihubungkan dengan Palapa Ring, karena kendala geografis seperti di Papua, terutama di kawasan pegunungan. Namun, Indonesia akan memiliki satelit sendiri pada 2020 sehingga daerah yang sulit dibangun BTS bisa terlayani akses internet. 

Berita Terkait

Ini Penjelasan Kominfo Soal Laman Pengalihan yang Berisi Iklan Ini Penjelasan Kominfo Soal Laman Pengalihan yang Berisi Iklan
Manfaat Palapa Ring Bagi Masyarakat Daerah 3T Manfaat Palapa Ring Bagi Masyarakat Daerah 3T
Kominfo Blokir Ratusan Fintek Ilegal Kominfo Blokir Ratusan Fintek Ilegal

#Palapa Ring #Kemenkominfo #HUT Kemerdekaan RI #internet #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar