Debat Capres: Jokowi Bicara Divestasi Freeport, Ini Kata Prabowo

Ilustrasi saham (Pixabay)

Arah - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo menyinggung divestasi saham PT Freeport Indonesia dalam Debat Capres keempat, di Shangri-La, Jakarta , Sabtu (30/3/2019).

Dalam debat, Capres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto mengkritik pemerintah yang dinilainya terlalu mudah menyerahkan pengelolaan proyek bandara dan pelabuhan laut ke Asing.

Jokowi menanggapi dengan mengatakan keterlibatan asing dalam pengelolaan sejumlah proyek juga dilakukan di negara lain. Meski melibatkan asing, bandara dan pelabuhan komersial Indonesia saat ini masih dikelola Pelindo dan Angkasa Pura.

Jokowi kemudian mengklaim pemerintahannya yang berhasil menguasai 51 persen saham PT Freeport dari yang awalnya hanya 9 persen. Menurut Jokowi dengan menguasai 51 persen saham, Indonesia bisa ikut mengelola Freeport yang selama ini dikuasai asing.

Baca Juga: Debat Capres: Prabowo Soroti Pertahanan, Jokowi Percaya TNI
Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat

"Bertahun-tahun kita dapat 9 persen. Setelah kita ambil jadi 51 persen, kita bisa ikut dalam mengelola yang ada di RI," ujar Jokowi.

Namun, Prabowo yang mengacu pada data New York Stock Exchange (NYSE) atau Bursa Saham New York menyebut divestasi saham Freeport hanya kepura-puraan belaka. Meski pemerintah menguasai 51 persen saham, lanjut dia, Freeport tetap mencatatkan keuntungan 81 persen.

"Kita tidak terima dikelola asing. Freeport yang sesuai kontrak kembali ke kita, di New York Stock Exchange justru dengan akuisisi 51 persen itu mereka dapat manfaat 81 persen kembali ke mereka. Jadi 51 persen itu seperti ethok-ethok (pura-pura)," kata Prabowo.

Berita Terkait

Debat Capres: Prabowo Soroti Pertahanan, Jokowi Percaya TNI      Debat Capres: Prabowo Soroti Pertahanan, Jokowi Percaya TNI
Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden Begini Simulasi Penjemputan Tamu di Pernikahan Anak Presiden
Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global Presiden Buka Konferensi Internasional Keamanan Kesehatan Global

#debat capres 2019 #Jokowi #Prabowo Subianto #kpu #Freeport #divestasi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar