Jelang Pemilu Serentak 2019, Peredaran Konten Hoaks Meningkat

Data temuan konten hoaks (kominfo.go.id)

Arah - Menjelang Pemilu Serenrak 2019, jumlah hoaks, kabar bohong, berita palsu dan ujaran kebencian yang beredar di masyarakat terus meningkat. Salah satunya hoaks politik yang menyerang pasangan capres dan wapres, partai politik peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu mengungkapkan pada Agustus 2018 hanya 25 informasi hoaks yang diidentifikasi. Selanjjutnya pada September naik menjadi 27 hoaks, Oktober (53) dan November 2018 (63) dan Desember 2018, (75).

Peningkatan jumlah konten hoaks sangat signifikan terjadi pada periode Januari-Maret 2019. Pada Januari ada 175 konten hoaks yang berhasil diverifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo.

“Angka itu naik dua kali lipat di Februari 2019 menjadi 353 konten hoaks. Angka tersebut menjadi 453 konten hoaks selama Maret 2019,” ujarnya dalam siaran pers yang dirilis Senin (1/4/2019).

Baca Juga: Tangkal Hoaks, Kemenkominfo Lakukan Tiga Lapis Tindakan
Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat

Ferdinandus menjelaskan dari 453 hoaks yang diidentifikasi selama Maret 2019, selain terkait isu politik, juga kesehatan, pemerintahan, fitnah terhadap individu tertentu, kejahatan, isu agama, internasional, mengarah ke penipuan dan perdagangan serta isu pendidikan.

Ia menyebutkan, Tim AIS Kemkominfo dibentuk Menteri Kominfo Rudiantara pada Januari 2018 untuk melakukan pengaisan, verifikasi dan validasi terhadap seluruh konten internet yang beredar di cyber space Indonesia, baik konten hoaks, terorisme dan radikalisme, pornografi, perjudian, maupun konten negatif lainnya. Tim AIS berjumlah 100 personil didukung mesin AIS yang bekerja 24 jam, 7 hari seminggu.

Berita Terkait

Tangkal Hoaks, Kemenkominfo Lakukan Tiga Lapis Tindakan Tangkal Hoaks, Kemenkominfo Lakukan Tiga Lapis Tindakan
Iklan Kampanye di Masa Tenang Akan Ditindak Iklan Kampanye di Masa Tenang Akan Ditindak
Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat              Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat

#konten hoaks #berita hoaks #hoaks jelang pilpres #Kemenkominfo #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar