Dituding Berpihak pada Politik Tertentu, Ini Bantahan Twitter

Media Sosial Twitter (Pxhere)

Arah -Twitter Indonesia menanggapi tudingan pihaknya memiliki keberpihakan politik tertentu. Menurut Twitter Indonesia, pihaknya berkomitmen menjunjung tinggi asas keterbukan, transparansi, dan ketidakberpihakan.

Melalui akun @TwitterID, Twitter Indonesia menyatakan, Twitter merupakan platform yang menjadi berbagai suara dari berbagai lapisan yang dapat dilihat dan didengar.

"Baik itu tren, penegakan kebijakan Twitter, maupun terkait konten di linimasa Anda; kami percaya pada ketidakberpihakan dan tidak mengambil tindakan apa pun berdasarkan sudut pandang politik. Produk dan kebijakan kami tidak pernah diciptakan atau dikembangkan berdasarkan ideologi politik," tulis @TwitterID.

Twitter Indonesia menjelaskan, mereka memiliki tim khusus di level global dalam menegakkan aturan tanpa memihak. Pemegang akun dapat mengajukan banding terhadap keputusan Twitter.

"Kami memegang teguh misi kami untuk melayani pengguna Twitter di mana pun Anda berada, serta melindungi dan meningkatkan percakapan publik yang terjadi di platform kami," tulis @TwitterID.

Baca Juga: Sukses di Pasaran, PUBG Dibuat Sekuelnya? Jawabannya Mengejutkan
Sudah Coba Fitur Terbaru Google Photos?

Twitter Indonesia juga menjawab kecurigaan bahwa mereka ikut andil dalam menemtukan trending topic yang diangkat dalam pemberitaan nasional. Menurut Twitter Indonesia, trending topic diolah menggunakan algoritma yang obyektif.

"Trending topic pada intinya disusun oleh algoritma mesin yang obyektif dan dibangun secara khusus. Klaim yang mengatakan sebaliknya adalah salah," tulisnya.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadikan tema masuk trending topic. Tidak hanya banyaknya sebuah tema dituliskan, tetapi juga percepatan atau pertumbuhan topik tersebut dibicarakan.

Berita Terkait

Survei: PDIP dan Gerindra Teratas, Bagaimana Nasib Partai Baru? Survei: PDIP dan Gerindra Teratas, Bagaimana Nasib Partai Baru?
127 Akun Media Sosial Dilaporkan Bawaslu ke Kemenkominfo 127 Akun Media Sosial Dilaporkan Bawaslu ke Kemenkominfo
Pemilu di Luar Negeri, Pemilih Terbesar di KBRI Kuala Lumpur Pemilu di Luar Negeri, Pemilih Terbesar di KBRI Kuala Lumpur

#Media Sosial #Twitter #Pemilu 2019 #pemilu serentak 2019 #pilpres 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar