Kaum Perempuan Sasaran Utama Politik Uang

Diskusi Publik Penanganan Perkara Pemilu. (bawaslu.go.id)

Arah - Kaum perempuan menjadi sasaran utama politik uang. Karena itu, Bawaslu mengajak para perempuan gencar mendorong gerakan perempuan tolak politik uang. Selain itu, Bawaslu sudah mendesain kegiatan untuk mencegah beredarnya uang di hari tenang.

“Kami melakukan patroli pengawasan dari provinsi, kabupaten/kota, pengawasan ke desa dan kelurahan, serta melakukan pengawasan di TPS untuk mengecek ruang-ruang terbuka dan tertutup guna mencegah terjadinya politik uang,” ujar Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Mendagri Dukung Langkah KPU Laporkan Video Hoaks Server
Pemilu di Luar Negeri, Pemilih Terbesar di KBRI Kuala Lumpur

Namun. lanjut dia, penanganan perkara pelanggaran tindak pidana pemilu yang dilakukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu), menurut Ratna, sering tidak mendapati kesamaan persepsi. Penghentian perkara pelanggaran tindak pidana pemilu kerap terjadi di tingkat penyidikan sehingga tidak diproses pengadilan.

“Hambatan yang kami hadapi adalah ketersedian regulasi yang memadai, yakni ada pasal yang tidak konsisten. Ada kasus yang sama, tetapi mendapat perlakuan yang berbeda. Karena itu, harus ada pemahaman yang sama antara kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu,” tandasnya dilansir bawaslu.go.id.

Berita Terkait

2 Nama Moderator Debat Keempat Pilpres 2019 Telah Diputuskan   2 Nama Moderator Debat Keempat Pilpres 2019 Telah Diputuskan
Hingga 1 April, Bawaslu Tangani 548 Pelanggaran Pidana Pemilu Hingga 1 April, Bawaslu Tangani 548 Pelanggaran Pidana Pemilu
127 Akun Media Sosial Dilaporkan Bawaslu ke Kemenkominfo 127 Akun Media Sosial Dilaporkan Bawaslu ke Kemenkominfo

#Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #politik uang #Pemilu 2019 #pilpres 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar