Debat Kelima Capres Usung Persatuan dan Perdamaian

Komisi Pemilihan Umum (Dok.KPU)

Arah - Rapat persiapan Debat Kelima, antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 telah berlangsung Selasa (2/4/2019) lalu. Ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat tersebut.

Beberapa kesepakatan antara lain keinginan menutup seluruh rangkaian kegiatan debat dan kampanye dengan suasana damai dan bersatu. Suasana nantinya tidak hanya ditunjukkan masing-masing pasangan calon tapi juga tim dan pendukung yang hadir di ruangan debat.

“Nanti juga akan ada prosesi ketua partai politik pengusung dan pendukung naik ke atas panggung menunjukkan komitmen, mengikuti pemilu yang damai dan demokratis,” ujar Anggota KPU RI Wahyu Setiawan saat memimpin konferensi pers.

Kesepakatan lain yang juga sejalan dengan tujuan Debat Kelima adalah prosesi pembacaan doa yang bersama oleh para tokoh agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Pembacaan doa nantinya dipimpin oleh tokoh agama islam.

Debat Kelima tetap diselenggarakan pada 13 April 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Selain itu format debat mengikuti format Debat Keempat dengan penambahan yang akan disesuaikan.

Jumlah tamu yang diundang mengalami perubahan. Tamu untuk TKN 01 dan BPN 02 dialokasikan 150 undangan, sementara tamu dari KPU 200 undangan.

“Dan komite damai berdasarkan hasil rapat juga bersepakat bahwa apabila ada tamu undangan yang bersikap, berlaku, berbicara tidak tertib maka (komite damai) akan memberi peringatan sampai mengeluarkan (dari ruangan debat),” jelasnya.

Baca Juga: Kaum Perempuan Sasaran Utama Politik Uang
Pemilu di Luar Negeri, Pemilih Terbesar di KBRI Kuala Lumpur

Wahyu menyampaikan moderator yang akan memandu jalannya Debat Kelima. adalah Balques Manisang serta Tomy Ristanto. Dua nama itu terpilih untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah diramu panelis.

Adapun untuk moderator off air akan dijalankan Ami Ardini bersama Andromeda Mercury. MC saat wall of frame (Nadia Soekarno) bersama Rudi Andanu dan MC Pers Confrence Reza Firmansyah dan Tisha Noveni.

Sementara untuk panelis, Wahyu mengungkapkan pihaknya masih melakukan identifikasi dan klarifikasi kepada calon yang ada. Namun yang pasti panelis nanti akan kembali banyak diisi para akademisi dari sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air.“Akan lebih banyak dari luar Pulau Jawa,” pungkasnya.

Berita Terkait

Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana
Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona
KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu

#debat capres #Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #kpu #pilpres 2019 #Pemilu 2019 #pemilu serentak 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar