Agar Tak Kehilangan Hak Pilih Pemilu 2019, Perhatikan Hal Ini

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh (Foto:Kemendagri)

Arah - Agar tidak kehilangan hak pilih, setiap penduduk harus memiliki kesadaran dan pro aktif melakukan perekaman KTP-el di Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota. Jika tidak, mereka kehilangan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang.

“KTP-el dan Surat Keterangan (Suket) sudah melakukan perekaman KTP-el sebagai syarat wajib untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu Serentak 2019 merupakan amanat Undang-Undang Pemilu dan Putusan MK,” ujar Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Menurut Zudan, persyaratan ini merupakan implikasi dari aturan dalam Undang-Undang Pemilu yang kemudian diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mewajibkan KTP-el atau Suket sebagai syarat memilih.

“Untuk bisa memiliki KTP-el, masyarakat harus punya kesadaran dan pro aktif merekam data dirinya. Tanpa merekam, mustahil memiliki KTP-el. Jadi harus “legowo” kehilangan hak pilih bila masyarakat tidak mau merekam,” kata Zudan di Jakarta dikutip dari Puspen Kemendagri, Minggu (7/4/2019).

Terkait di sejumlah provinsi banyak penduduk yang belum memiliki KTP-el, Zudan mengatakan berdasarkan database nasional, cakupan nasional perekaman KTP-el sudah mencapai 98,22%. Artinya, hanya tersisa 1,78% penduduk wajib KTP yang belum memiliki KTP-el di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mendagri Dukung Langkah KPU Laporkan Video Hoaks Server
Survei: PDIP dan Gerindra Teratas, Bagaimana Nasib Partai Baru?

Zudan mengungkapkan, database kependudukan nasional per Maret 2019 menunjukkan angka yang lebih tinggi, yaitu dari jumlah WKTP 1.821.014 jiwa, yang merekam KTP-el sudah 92,47% atau 1.683.872 jiwa. Berbagai upaya dilakukan untuk menuntaskan sisa perekaman nasional, termasuk Jatim, Kalteng dan Banten.

“Hingga hari H pelaksanaan Pemilu, jajaran Dukcapil terus melakukan upaya percepatan layanan seperti jemput bola dengan mendatangi Rutan/Lapas, RS, panti jompo, sekolah, Ponpes, dan lain-lain. Untuk wilayah Indonesia Timur Kemendagri bahkan sudah beberapa kali menerjunkan tim pusat untuk membantu percepatan layanan KTP-el,” jelasanya.

Berita Terkait

Dituding Berpihak pada Politik Tertentu, Ini Bantahan Twitter Dituding Berpihak pada Politik Tertentu, Ini Bantahan Twitter
Survei: PDIP dan Gerindra Teratas, Bagaimana Nasib Partai Baru? Survei: PDIP dan Gerindra Teratas, Bagaimana Nasib Partai Baru?
Debat Kelima Capres Usung Persatuan dan Perdamaian Debat Kelima Capres Usung Persatuan dan Perdamaian

#Pemilu 2019 #pemilu serentak 2019 #pilpres 2019 #kemendagri #E-KTP #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar