Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya

Ilustrasi koin mata uang (Pixabay)

Arah - Pengelolaan keuangan memiliki peran sangat krusial dalam sebuah bisnis. Sebagai pelaku usaha, Anda dituntut piawai dalam mengelola keuangan sehingga penggunaannya efisien.

Kesuksesan sebuah bisnis ditentukan cara pengelolaan keuangannya. Apabila cash and flow bagus, bisnis akan berjalan baik karena setiap divisi mendapat pendanaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Berikut cara efisien dalam pengelolaan keuangan usaha:

1. Membagi dana usaha
Dari dana usaha yang terkumpul, Anda harus membaginya dengan tepat untuk semua divisi yang ada di perusahaan. Berapa dana untuk sektor produksi, distribusi, pemasaran dan gaji karyawan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk pengeluaran tak terduga.

2. Mengecek pengeluaran secara rutin
Dalam menjalankan bisnis tidak bisa dipisahkan dari pengeluaran untuk bermacam-macam keperluan. Misalnya pengeluaran untuk pembelian bahan baku, bisaya promosi dan lain-lain. Lakukan pengecekan secara berkala untuk mengontrol penggunaan dana untuk mencegah terjadinya pemborosan pada divisi tertentu.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha, Ini Tips Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan
Ingin Omzet Penjualan Terus Naik, Ini Tipsnya

3. Memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan
Salah satu kesalahan pelaku usaha adalah memasukkan keuntungan hasil usaha ke rekening pribadi. Ini akan mengganggu arus keuangan dan menyulitkan Anda dalam mengontrolnya. Pisahkan keuntungan dari usaha dengan dana pribadi dengan membuka rekening tersendiri. Gunakan dana itu untuk mengembangkan usaha.

4. Memaksimalkan keuntungan
Jika bisnis Anda sudah menghasilkan keuntungan, manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Keuntungan yang didapat bisa Anda gunakan untuk ekspansi bisnis. Selain itu, keuntungan juga bisa digunakan untuk membayar kewajiban seperti pajak dan lain-lain.

5. Memutar keuntungan
Anda bisa menyimpan sebagian keuntungan dalam rekening dan menggunakan sebagian lainnya untuk investasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan lebih besar. Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan usaha.

6. Membandingkan laporan keuangan
Menyusun laporan keuangan yang rapi dan sistematis akan berguna untuk melihat laju pertumbuhan dan perkembangan usaha. Anda bisa membandingkan laporan tahun berjalan dengan tahun sebelumnya. Jika keuntungan usaha tahun berjalan lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya, Anda dapat menentukan strategi untuk meningkatkannya.

Berita Terkait

Tips Kembangkan Bisnis Tembus Pasar Global Tips Kembangkan Bisnis Tembus Pasar Global
Butuh Modal Usaha, Ini Tips  Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan Butuh Modal Usaha, Ini Tips Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan
Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha Tips Untuk Pebisnis Muda Kembangkan Usaha

#Tips Usaha #tips bisnis #bisnis #tips sukses bisnis #Keuangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar