Jumlah Startup Indonesia Terbanyak di ASEAN

Ilustrasi startup (Pixabay)

Arah - Geliat startup di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat dalam kurun waktu 4-5 tahun terakhir. Saat ini, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membina lebih kurang 1.307 startup dari berbagai bidang fokus.

Manurut Menristekdikti Mohamad Nasir, jumlah tersebut terus meningkat dari 2015 yang hanya 52 startup dan saat ini jumlah startup di Indonesia berada pada peringkat pertama di ASEAN.

“Jadi, Indonesia menjadi nomor satu di Asia Tenggara di bidang startup. Sedangkan di dunia kita urutan kelima pada bidang startup. Indonesia masuk ranking lima dunia dari startup-nya,” ujarnya , saat membuka Indonesia Startup Summit (ISS) 2019 di Jakarta International Expo, Rabu (10/4/2019).

Selama lima tahun terakhir, Kemenristekdikti tidak membatasi pengembangan startup hanya pada bidang teknologi informasi tetapi mengikuti tren yang banyak dikembangkan perusahaan maupun lembaga lain. Terdapat tujuh bidang fokus di luar teknologi informasi yang juga dikembangkan.

Baca Juga: Dituding Berpihak pada Politik Tertentu, Ini Bantahan Twitter
Akhirnya Whatsapp Business untuk iPhone Tersedia di Indonesia

Kemenristekdikti tidak hanya memberikan modal dan membimbing startup teknologi, namun juga membantu untuk mendapatkan insentif lain melalui pemotongan pajak (tax deduction) agar lebih banyak modal dan laba yang dialokasikan untuk riset.

“Saya sedang mengajukan ke Bapak Presiden, melalui Menteri Perindustrian dan juga Menteri Keuangan, para startup ke depan itu harus mendapatkan fasilitas pajak, supaya tax deduction bisa didapatkan, sehingga tidak dibebani pajak dulu. Kalau peraturannya keluar, mudah-mudahan para startup bisa menikmati pajak yang dibebaskan pemerintah,” pungkasnya.

Berita Terkait

Startup Indonesia Pamerkan Inovasi TeleCTG ke Pasar Global Startup Indonesia Pamerkan Inovasi TeleCTG ke Pasar Global
Jusuf Kalla: Produksi Pangan Bisa Ditingkatkan Lewat Teknologi Jusuf Kalla: Produksi Pangan Bisa Ditingkatkan Lewat Teknologi
Taksi di Jepang Bisa Beritahukan Barang Penumpang yang Tertinggal Taksi di Jepang Bisa Beritahukan Barang Penumpang yang Tertinggal

#Kemenristek Dikti #Startup #teknologi #pangan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar