Sebelum Nyoblos, Kenali Dulu 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2019

Pemilu serentak 2019 (kemenkeu.go.id)

Arah - Pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif dan dewan perwakilan daerah (DPD) akan dilakukan serentak pada Pemilu 2019, 17 April 2019. Ada lima jenis surat suara pada Pemilu 2019, apa saja?

Pertama, surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden yang berwarna abu-abu. Dalam surat suara ini, akan ditampilkan foto masing-masing pasangan calon, nama, nomor urut, serta logo partai pengusungnya.

Kedua, surat suara pemilihan DPD RI dengan warna merah. Sama seperti surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara DPD RI juga menampilkan foto calon lengkap dengan nama dan nomor urut.

Ketiga, surat suara pemilihan DPR RI yang berwarna kuning. Berbeda dengan dua surat suara presiden dan wapres serta DPD, surat suara DPR RI menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta namor urut caleg. Surat suara DPR RI tidak menampilkan foto calon.

Keempat, surat suara pemilihan DPRD Provinsi yang diberi warna biru. Sama seperti surat suara DPR RI, surat suara ini juga menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nomor urut caleg tanpa foto caleg.

Baca Juga: Ingat, Peserta Pemilu Dilarang Lakukan Ini di Masa Tenang
SBY Nyoblos di KBRI, Ibu Ani di Rumah Sakit Singapura

Kelima, surat suara pemilihan DPRD Kabupaten/Kota dengan warna hijau. Surat suara ini juga menampilkan logo parpol, nomor urut parpol, nama caleg, serta nomor urut caleg tanpa foto caleg.

Selain warna, masing-masing surat suara memiliki ukuran berbeda. Surat suara pilpres berukuran 22 x 31 cm, sedangkan empat surat suara lain berukuran 51 x 82 cm.

Berita Terkait

Debat Kelima Capres Usung Persatuan dan Perdamaian Debat Kelima Capres Usung Persatuan dan Perdamaian
Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih
10 April Batas Akhir Pendaftaran Pemantau Pemilu 10 April Batas Akhir Pendaftaran Pemantau Pemilu

#pilpres 2019 #pemilu serentak 2019 #surat suara #kpu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar