Menko Polhukam Ingatkan Jangan Ada Pawai Sebelum Pengumuman Resmi

Menko Polhukam Wiranto memimpin Rakor Kesiapan Akhir Dalam Rangka Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilleg dan Pilpres 2019 di Jakarta, Senin (15/4) siang. (Foto: Kemenko Polhukam)

Arah - Menko Polhukam Wiranto mengimbau masyarakat agar tidak menyikapi quick count atau penghitungan cepat yang dilansir media maupun media sosial dengan pawai kemenangan. Mobilisasi massa dalam rangka pawai kemenangan sebelum pengumuman resmi KPU tidak akan diizinkan pihak kepolisian.

“Ini sesuatu yang dianjurkan tidak dilakukan, jangan dilakukan karena akibatnya akan membuat sesuatu menjadi ricuh,” ujar Wiranto usai memimpin video conference Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir Dalam Rangka Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilleg dan Pilpres 2019 di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Aparat kepolisian, lanjut Wiranto, telah dengan tegas menyatakan mobilisasi massa dalam rangka pawai kemenangan sebelum pengumuman resmi melanggar UU Nomor 9 tahun 1998 tentang menyatakan pendapat di muka umum.

Baca Juga: Kekayaan Paslon Capres-Cawapres Pemilu 2019
Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat

Pasal 6 menyebutkan kegiatan unjuk rasa, kegiatan mobilisasi massa di muka umum itu paling tidak ada empat syarat; tidak mengganggu ketertiban umum, tidak mengganggu kebebasan orang lain, dalam batas-batas etika moral, dan tidak mengganggu kesatuan dan persatuan bangsa.

“Sehingga mobilisasi massa dalam bentuk apapun, dalam rangka syukuran kemenangan dan sebagainya itu akan tidak diizinkan aparat kepolisian di pusat atau daerah. Kalau syukuran kemenangan di rumah masing-masing boleh, tapi kalau di tempat umum seperti empat hal yang saya katakan, akan dilarang aparat kepolisian,” tegasnya.

 

Berita Terkait

Pemilu untuk Memilih Pemimpin Bukan Ajang Permusuhan Pemilu untuk Memilih Pemimpin Bukan Ajang Permusuhan
Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpengaruh Isu Negatif          Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpengaruh Isu Negatif
Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT Menkopolhukam Lempar Pujian Terhadap Kinerja BNPT

#hitung cepat #Quick Count #Pemilu 2019 #pilpres 2019 #Menkopolhukam #Wiranto #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar