Bawaslu Rekomendasikan KPU Ganti Anggota PPLN Kuala Lumpur

Ketua Bawaslu Abhan (Foto:bawaslu.go.id)

Arah - Bawaslu merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengganti dua anggota Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur yang bertugas di Malaysia. Dua anggota PPLN tersebut adalah Djadjuk Natsir dan Krishna KU Hannan.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, rekomendasi itu diambil berdasarkan fakta-fakta dari hasil investigasi yang dilakukan dua anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo dan Rahmat Bagja di Malaysia beberapa waktu lalu.

Di Negeri Jiran, Bawaslu menggali informasi dan melakukan klarifikasi dari beberapa pihak yang berkaitan. Abhan mengatakan, klarifikasi diambil dengan menemui tujuh anggota PPLN, tiga anggota pengawas luar negeri, dua orang saksi dan wakil duta besar Indonesia untuk Malaysia di Kuala Lumpur.

"Jadi kami meminta klarisikasi kepada total 13 orang. Maka kami keluarkan rekomendasi tersebut," ujar Abhan dalam jumpa pers di Media Center Bawaslu, Jakarta, Selasa (6/4//2019).

Menurutnya seperti dilansir bawaslu.go.id, kedua PPLN tersebut bisa saja dikenakan pasal pidana, bila nanti ditemukan bukti-bukti tambahan yang menguat ke arah adanya dugaan pelanggaran pidana.

"Rekomendasi ini merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan proses Pemilu serentak 2019," ungkapnya.

Adapun susunan kepengurusan PPLN yang telah ditetapkan KPU Pusat dan dilantik Duta Besar RI di Kuala Lumpur adalah Agung Cahaya Sumirat ketua merangkap anggota, dengan enam anggota lainnya, yakni Djadjuk Natsir, Krishna KU Hannan Putri Karina Sari, Yudhi Martha Nugraha dan Yusron B Ambary. PPLN dibantu sekretariat dengan tiga anggota yaitu Ikram A Taha, Winda Wijayanti dan Ika Yuli Indarti.

Berita Terkait

KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu KPU Siap Hadapi Potensi Perselisihan Hasil Pemilu
Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana Bawaslu Catat 6455 Pelanggaran Pemilu Termasuk Pidana
Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu 2019 Dibagi Dua Zona

#Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) #Panwaslu #kpu #Pemilu 2019 #pilpres 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar