Gereja Notre Dame Saksi Bisu Sejarah Prancis dan Eropa

Gereja Katedral Notre Dame (Pixabay)

Arah - Kebakaran melanda bangunan Gereja Katedral Notre Dame yang berada di pusat kota Paris, Prancis, Senin (15/4/2019) sore waktu setempat. Api berhasil dipadamkan setelah pemerintah setempat mengerahkan ratusan pemadam.

Gereja Katedral Notre Dame dibangun pada masa pemerintahan Raja Louis VII. Pembangunan Gereja Katolik bersejarah ini dimulai pada tahun 1163 dan baru selesai pada 1345.

Gereja Katedral Notre Dame berada di pulau kecil di tengah Sungai Seine. Gereja yang telah berusia 8 abad ini merupakan salah satu bangunan paling ikonik di Prancis.

Dilansir dari situs resmi Notre Dame, Gereja Katedral Notre Dame tidak hanya menjadi saksi bisu sejarah Prancis tapi juga Eropa baik dari sisi politik hingga perang.

Saat Perang Dunia II, kaca patri terbesar di dunia yang dibuat pada abad ke-13 disimpan dan baru dipasang kembali setelah perang. Upaya ini untuk melindungi kaca patri yang biasa disebut jendela Rose dari tentara Jerman yang dikabarkan ingin menghancurkan kaca patri tersebut.  

Gereja Katedral Notre Dame menyimpan banyak kisah seperti pelatikan Raja Henry VI of England pada 1431, tempat Napoleon Bonaparte mengumumkan diri sebagai Kaisar Prancis pada 1804 dan kiprah Joan of Arc. Nama yang terakhir merupakan gadis pemberani yang membantu Prancis melawan pasukan Inggris.

Baca Juga: Kisruh Pemilu di Sydney, Ini Rekomendasi Bawaslu ke KPU
Jelang Pilpres, Jumlah Konten Hoaks Terus Meningkat

Sejumlah artefak tersimpan di Gereja Notre Dame di antaranya lonceng, alat musik organ dari abad 17 yang masih berfungsi, gambar desain Kota Paris dari masa ke masa, Mahkota Duri Suci, dan mahkota Raja Louis.

Sebelum terjadi kebakaran, Gereja Katedral Notre Dame masih menyelenggarakan misa rutin setiap minggu. Gereja ini juga menjadi destinasi wisatawan yang berkunjung ke ibu kota Prancis.

Berita Terkait

Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang Djarot Tinjau Pasar Senen, ini Reaksi Tak Terduga Pedagang
Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam Sulit Jangkau Titik Api, Kebakaran Pasar Senen Belum Padam
Google Akan Buka Pusat Riset Kecerdasan Buatan Di Paris Google Akan Buka Pusat Riset Kecerdasan Buatan Di Paris

#Gereja Katedral #Kebakaran #Paris #Prancis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar