Akhir Mei 2019, BBM Berhenti Beroperasi

Ilustrasi BlackBerry (Pexels)

Arah - Teka teki seputar masa depan aplikasi pesan Blackberry Messenger (BBM) akhirnya terjawab. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) memutuskan akan menutup layanan BBM per 31 Mei 2019.

PT EMTK merupakan memiliki tiga divisi usaha utama, TIga divisi tersebut yakni media, telekomunikasi dan solusi TI, serta konektivitas.

"BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia," demikian pesan PT EMTK yang ditujukan kepada pengguna BBM, Kamis (18/4/2019).

Untuk diketahui, pada 2016, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited. Penjanjian ini terkait pengoperasian layanan pesan BBM Consumer Cross Platform. PT Kreatif Media Karya (KMK) menjadi pemilik 99 persen saham CMW Pte Ltd.

Baca Juga: 5 Startup Paling Inspiratif Versi Kemenristekdikti
Startup Ini Tak Sekadar Decacorn Pertama di Asia Tenggara

BBM sempat populer dan mengalami masa kejayaan di tahun 2000-an. Namun platform pesan ini tidak berkembang sesuai harapan bahkan jumlah pengguna aktif nifikan terus mengalami penurunan signifikan sejak Juni 2016.

Kondisi ini memaksa CWM Pte Ltd menutup kantor mereka di Kanada, Dubai dan Singapura pada akhir 2018. Setelah penutupan tiga kantor itu, operasional BBM hanya di Indonesia.

Berita Terkait

YouTube Masukkan Fitur Pesan ke Versi Web YouTube Masukkan Fitur Pesan ke Versi Web
BBM Kembali Merilis Versi Terbaru, Ini Fitur Andalannya BBM Kembali Merilis Versi Terbaru, Ini Fitur Andalannya
Yahoo Resmi Luncurkan Aplikasi Perpesanan Squirrel Yahoo Resmi Luncurkan Aplikasi Perpesanan Squirrel

#BlackBerry #BlackBerry Messenger (BBM) #Aplikasi #Pesan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar