Apakah Password Kamu Termasuk Gampang Dibobol?

Ilustrasi. Peretas . (Image: Pixabay.com/ Ilustrasi)

Arah - Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu berpikir serius ketika membuat password untuk akun online mereka. Padahal password yang lemah akan mudah dibobol hacker.

Demikian hasil studi Badan keamanan Siber Inggris, National Cyber Security Centre (NCSC). Dalam studinya, NCSC mengumpulkan data dengan cara menganalisa database akun-akun yang pernah dibobol. Tujuannya untuk melihat kombinasi kata dan angka yang banyak dipilih sebagai password.

Hasilnya 123456 sebagai password favorit yang paling banyak digunakan akun yang sering dibobol. Password ini muncul di lebih dari 23 juta akun. Sedangkan 123456789 berada di urutan kedua yang digunakan 7,7 juta akun. Di posisi lima besar ada 'qwerty', 'password' dan '1111111'.

Baca Juga: Akhir Mei 2019, BBM Berhenti Beroperasi
Beasiswa Program Digital Talent Scholarship 2019 Dibuka

Password dengan nama sesorang juga rawan dibobol. Selain itu memilih nama grup band atau klub sepakbola sebagai password juga tidak disarankan. 

"Tidak ada orang yang bisa melindungi data dengan sesuatu yang mudah ditebak, seperti nama depan, klub sepak bola lokal atau band favorit," ujar Technical Director NCSC, Ian Levy seperti dikutip BBC, Minggu (21/4/2019).

NCSC merekomendasikan password dengan tiga kata acak namun mudah diingat.

Berita Terkait

Waspada, Ternyata Jaringan Wifi Mudah Direntas Waspada, Ternyata Jaringan Wifi Mudah Direntas
Apakah Peretas Situs Resmi Telkomsel Dilakukan Orang Dalam? Apakah Peretas Situs Resmi Telkomsel Dilakukan Orang Dalam?
Peretas Lulusan SMP Rugikan Perusahaan Travel Rp 1.9 Miliiar Peretas Lulusan SMP Rugikan Perusahaan Travel Rp 1.9 Miliiar

#Peretas (Hacker) #internet #tips #Kejahatan Siber #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar