Tips Jitu Memasarkan Produk Baru

Ilustrasi marketing (Pixabay)

Arah - Memasarkan sebuah produk bukan pekerjaan mudah, apalagi jika yang dipasarkan adalah produk baru. Dibutuhkan kerja ekstra keras untuk memperkenalkan dan membuat produk dengan brand baru bisa bersaing dan diterima pasar.

Selain itu juga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar penjualan produk baru Anda dapat diterima pasar. Berikut strategi yang bisa Anda lakukan dalam memasarkan produk baru:

1. Riset pasar dan jeli melihat kebutuhan konsumen
Riset pasar meliputi riset produk, riset kompetitor dan target pasar. Banyak kasus yang terjadi, pemasaran produk baru gagal karena tanpa riset pasar.

Selain riset pasar, Anda harus jeli melihat kondisi pasar yang ada. Apakah produk baru Anda layak dan dibutuhkan pasar atau tidak. Jangan sampai Anda memiliki produk bagus tetapi ternyata kurang dibutuhkan pasar.

2. Membangun branding produk
Ketika Anda ingin memasarkan produk baru di pasaran, Anda harus membangun branding. Membangun nama produk penting dalam pemasaran produk baru. Tujuannya agar konsumen selalu mengingat dan membeli produk baru Anda.

3. Menciptakan nama produk sendiri
Hindari memberi nama produk baru yang mirip dengan nama produk yang sudah ada atau sudah lebih dulu terkenal. Gunakan kreativitas Anda untuk menciptakan nama produk baru yang familiar, unik, menarik dan mudah diingat. Penamanaan produk baru yang kreatif secara tidak langsung akan membantu dalam membangun branding.

Baca Juga: Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya
Tips Sukses Bisnis Lewat Marketplace

4. Cari role model dari produk yang sudah ada
Dalam memasarkan produk baru, Anda harus memiliki produk panutan atau percontohan. Pilih produk ternama sebagai percontohan. Ini bisa menjadi inspirasi dalam mengembangkan produk baru Anda.

5. Melakukan promosi produk
Promosi penting untuk menunjang pemasaran produk baru. Sebagus apapun produk baru Anda jika tidak dipromosikan tidak akan diketahui konsumen. Anda bisa mempromosikan produk baru secara konvensional dan online.

6. Memberikan pelayanan terbaik
Pelayanan yang baik akan membuat konsumen merasa nyaman. Karena itu berikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Sebagus apapun produk baru Anda jika tidak didukung dengan pelayanan yang baik kepada konsumen akan kalah bersaing di pasaran.

Berita Terkait

Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya Bingung Cara Kelola Keuangan Bisnis, Simak Tipsnya
Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Mitra Bisnis Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memilih Mitra Bisnis
Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis              Tips Promosi Lewat Facebook untuk Kembangkan Bisnis

#strategi marketing #Tips Usaha #tips bisnis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar