Data dan Informasi BMKG Kunci Keselamatan Transportasi

Ilustrasi kapal laut (Pxhere)

Arah - Data dan informasi yang dikeluarkan Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjadi salah satu kunci keselamatan transportasi Indonesia. Prakiraan cuaca sangat penting bagi moda transportasi udara, laut maupun darat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengatakan proses pembanguan Bandara Internasional Yogyakarta Baru di Kulonprogo juga bergantung dengan data dan informasi dari BMKG.

"Pembangunan transportasi Kemenhub tidak hanya mempunyai tugas untuk membangun infrasturktur tapi juga kami harus menjamin transportasi yang aman, selamat dan nyaman. Kami sangat terbantu dari informasi BMKG dalam mengadakan pembangunan Bandara Kulonprogo," ujarnya.

Informasi BMKG juga berguna bagi penerbangan dan pelayaran. Sering kali pesawat dan kapal laut harus memastikan cuaca untuk terbang dan berlayar cukup baik untuk keselamatan penumpang.

Selain itu informasi BMKG juga membantu moda transportasi darat. Salah satu contohnya saat menentukan titik jalur rawan longsor bagi kereta dan kondisi cuaca seperti hujan atau terik untuk pengguna transportasi darat.

Baca Juga: Perempuan Korban kecelakaan Terbangun Setelah 27 Tahun Koma
Viralkan Pelanggaran Pemilu, Laporkan Juga ke Bawaslu

Lebih lanjut, Djoko dilansir kemhub.go.id, mengatakan BMKG merupakan lembaga di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Namun dengan berkembangnya BMKG sehingga harus menjadi lembaga yang berdiri sendiri agar lebih maju.

"Informasi cuacanya ini sangat penting bagi Kemenhub. Transportasi tanpa BMKG saya rasa bukan transportasi yang menjamin keselamatan," tandasnya. 

Berita Terkait

Jakarta Diperkirakan Kembali Hujan Siang Ini Jakarta Diperkirakan Kembali Hujan Siang Ini
Menhub Ingin Naik LRT Jadi Gaya Hidup Baru Masyarakat Palembang Menhub Ingin Naik LRT Jadi Gaya Hidup Baru Masyarakat Palembang
Segera Diresmikan, MRT akan Siapkan Gerbong Khusus Wanita Segera Diresmikan, MRT akan Siapkan Gerbong Khusus Wanita

#BMKG #Transportasi #Prakiraan Cuaca #Kemenhub #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar