Film 'Kucumbu Tubuh Indahku' Menuai Penolakan

Ilustrasi rol film (Pixabay)

Arah - Film Kucumbu Tubuh Indahku memunculkan sejumlah petisi situs di change.org. Isi petisi menolak film terbaru karya Sutradara Garin Nugroho itu dan seruan boikot kerena dianggap memiliki konten bernuansa LGBT.

Salah satu petisi yang muncul di situs change.org dengan judul “Gawat! Indonesia Sudah Mulai Memproduksi Film LGBT dengan Judul ‘Kucumbu Tubuh Indahku'. Petisi yang isinya imbauan boikot film itu ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Petisi lainnya berjudul "Tolak penayangan film LGBT dengan judul “Kucumbu Tubuh Indahku” Sutradara Garin Nugroho".

Pemerintah Kota Depok telah menerbitkan surat keberatan dan meminta penayangan film itu dihentikan di bioskop di Kota Depok. Surat yang ditandatangani Wali Kota Depok, Mohammad Idris dilayangkan ke Komisi KPI dengan nomor surat 460/185-Huk/DPAPMK pada Rabu (24/4/2019).

“Pemerintah Kota Depok mengajukan keberatan terhadap penayangan film Kucumbu Tubuh Indahku, khususnya di wilayah Pemerintah Kota Depok serta kiranya dapat menghentikan penayangan film tersebut,” demikian bunyi surat tersebut.

Baca Juga: Keren! Film Beats of Paradise Tayang di Bioskop Terbesar Dunia
Bangga! Film Marlina Tayang di Lembaga Film Inggris

Film Kucumbu Tubuh Indahku terinspirasi dari kisah hidup seorang penari Lengger. Tari Lengger Lanang merupakan budaya asli Indonesia dari Banyumas. Tari Lengger mengharuskan penarinya menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh.

Sebelum diputar di bioskop tanah air sejak 18 April 2019, film ini telah muncul di beberapa festival film internasional. Film ini mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya ‘Bisato D’oro Award Venice Independent Film Critic (Italia, 2018), Best Film pada Festival Des 3 Continents (Prancis, 2018), dan Cultural Diversity Award under The Patronage of UNESCO pada Asia Pasific Screen Awards (Australia, 2018).

Berita Terkait

Marsha Timothy Terpilih Jadi Aktris Terbaik di Spanyol Marsha Timothy Terpilih Jadi Aktris Terbaik di Spanyol
Wow, Jakarta Masuk Kota Termahal Kelima Asia Tenggara Wow, Jakarta Masuk Kota Termahal Kelima Asia Tenggara
Kelly Tandiono Kesulitan Main Film Horor Kelly Tandiono Kesulitan Main Film Horor

#garin nugroho #film garin nugroho #film Indonesia #LGBT #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar