3 Alternatif Terkait Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara

Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla memimpin Rapat Terbatas tentang Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibukota, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4) siang. (Foto: setkab.go.id/JAY/Humas)

Arah - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengemukakan, ada tiga alternatif pemindahan ibu kota negara dari Jakarta yang diusulkan kementerian yang dipimpinnya. Usu;an itu telah dipaparkan dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Pertama, tetap di Jakarta tetapi daerah seputaran istana dan Monas hanya khusus untuk kantor pemerintahan kementerian/lembaga. Ini untuk menciptakan efisiensi di dalam tugas koordinasi pemerintah.

Kedua, pusat pemerintahan dipindah ke luar Jakarta tetapi masih dalam radius kira-kira 50-70 km dari Jakarta. Ini mencontoh seperti Putra Jaya yang ada di Malaysia.

Ketiga, memindahkan ke luar Jawa, khususnya mengarah ke kawasan Timur Indonesia. Model seperti ini sudah dilakukan misalkan di Brasil, di Korea dan juga di Kazakhstan yang artinya pindah kota secara dari satu wilayah ke wilayah lain.

Baca Juga: Tolak Kasasi Jaksa, MA Kuatkan Vonis Bebas Dahlan Iskan
Banjir dan Longsor, Korban Meninggal Terbanyak di Bengkulu Tengah

Dilansir setkab.go.id, Bambang menambahkan, dalam rapat terbatas, Presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan ibu kota ke luar Jawa.

“Jadi ini barangkali salah satu keputusan penting yang dilahirkan hari ini dan tentunya akan dilanjutkan Ratas berikutnya yang akan bicara lebih teknis, bicara desain, dan bicara mengenai masterplan dari kota itu sendiri,” jelas Bambang.

Berita Terkait

Ini Alasan Perlunya Pemindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta Ini Alasan Perlunya Pemindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta
Gagasan Pemindahan Ibu Kota Negara Sudah Ada Sejak Lama        Gagasan Pemindahan Ibu Kota Negara Sudah Ada Sejak Lama
Kakek Asal Pangandaran Berjuang Rawat Cucunya yang Idap Penyakit Kakek Asal Pangandaran Berjuang Rawat Cucunya yang Idap Penyakit

#Bappenas #Pemindahan Ibu Kota #pemindahan ibu kota negara #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar