Banyak Petugas Pemilu Meninggal, FKUI Lakukan Kajian Mendalam

Ketua KPU RI Arief Budiman (tengah).(Foto: Dok.kpu.go.id)

Arah - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyampaikan gagasan untuk meneliti lebih jauh terkait penyebab berjatuhannya para petugas Pemilu dalam menyelenggarakan Pemilu Serentak 2019 pada 17 April.

Gagasan itu disampaikan saat tim FKUI menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut, rombongan FKUI beraudiensi, membahas banyaknya petugas Pemilu yang sakit dan meninggal pada Pe,ilu Serentak 2019.

FKUI menilai proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS dengan lima surat suara menguras tenaga dan pikiran petugas Pemilu. 

“Sementara secara normal sebenarnya kita bekerja keras itu 8 jam, kemudian bekerja ringan 8 jam dan 8 jam sisanya itu adalah untuk beristirahat dan 8 jam istirahat itu 6 jam untuk tidur,” ujar Dekan FKUI Ari Fahrial Syam.

Menurut Ari dilansir situs KPU, hasil penelitian tim FKUI nantinya dapat dijadikan rujukan apakah model Pemilu Serentak 2019 tetap ideal untuk digelar disesuaikan dengan kemampuan petugasnya. Hasil penelitian nantinya juga akan diberikan untuk pemangku periode berikutnya,

“Apakah pemilu yang memang model seperti ini terus kita pertahankan atau memang seperti yang kita usulkan, dibuat sistem shift,” kata Ari.

Baca Juga: Hari Ini Bawaslu Serahkan Santunan untuk Pengawas Pemilu
Januari-April 2019 Terjadi 1.586 Bencana, 325 Orang Meninggal

Ketua KPU RI Arief Budiman mengapresiasi keinginan FKUI terkait rencana meneliti lebih jauh penyebab tumbangnya para penyelenggara pemilu. Hasil dari kegiatan tersebut nantinya akan menjadi rekomendasi bagi KPU maupun pembuat UU dalam menyiapkan Pemilu 2024.

“Ingat 2024 ktia akan menyelenggarakan Pemilu Serentak bukan hanya pileg dan pilpres tapi juga pemilihan kepala daerah. Jadi pekerjaan kita di 2024 akan semakin besar dan banyak,” jelasnya.

Arief menambahkan, rekomendasi FKUI nantinya bisa juga digunakan untuk pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 di 269 daerah. 

Berita Terkait

Hari Ini Bawaslu Serahkan Santunan untuk Pengawas Pemilu Hari Ini Bawaslu Serahkan Santunan untuk Pengawas Pemilu
Petugas KPPS Mengalami Musibah Dapat Santunan, Ini Besarannya    Petugas KPPS Mengalami Musibah Dapat Santunan, Ini Besarannya
Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi Bantah Selewengkan Dana Bansos, Ini Penjelasan Mpok Sylvi

#santunan petugas kpps #santunan petugas pemilu #kpps #pemilu serentak 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar