Sebelum Ramadan, Warga Ziarah ke Pemakaman Massal Korban Gempa

Ilustrasi tempat pemakaman (Pxhere)

Arah -  Sehari sebelum Ramadan 1440 H, warga ziarah ke lokasi pemakaman massal ribuan orang yang menjadi korban gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu pada 28 September 2018. Warga yang datang ke lokasi yang berada di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore, tidak hanya dari dalam tetapi juga luar Kota Palu.

Ziarah ini terlihat berbeda dari ziarah ke makam biasa, karena sebagian besar warga membawa nisan nama anggota keluarga mereka yang menjadi korban. Ini untuk memberi tanda makam keluarga mereka di lokasi pemakaman massal tersebut.

Tidak sedikit warga yang datang mengaku sampai saat ini belum menerima kabar tentang keluarganya yang hilang saat terjadi bencana. Mereka hanya berasumsi anggota keluarganya menjadi korban vebcana dan telah dikuburkan di lokasi pemakaman massal bersama korban lainya.

"Suami saya jadi korban tsunami di Pantai Talise, sampai saat ini belum ada kabarnya. tapi saya yakin dia sudah dikebumikan disini," ujar Dewi, salah seorang peziarah.

Baca Juga: Mayat Bayi Terbungkus Plastik Ditemukan di Atap Rumah Kontrakan
Tim SAR Selamatkan Penumpang Kapal Tenggelam

Hal yang sama juga dirasakan Ian, seorang warga yang ayahnya menjadi korban likuifaksi di Kelurahan Petobo. Dia hanya bisa pasrah dan berdoa agar ayahnya dan seluruh warga yang menjadi korban bencana bisa mendapatkan tempat terbaik.

'Ramadan kali ini pasti berbeda dari tahun sebelumnya. beberapa anggota keluarga kurang. tapi yang jelas kita doakan semoga mereka ditempatkan ditempat sebaik-baiknya,"' katanya

Berita Terkait

Saat Lebaran, Ruben Onsu Kunjungi Makam Jupe Dan Olga Saat Lebaran, Ruben Onsu Kunjungi Makam Jupe Dan Olga
DKI Jakarta Luncurkan Sistem Jakarta Satu DKI Jakarta Luncurkan Sistem Jakarta Satu
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!

#gempa besar #tsunami #Pemakaman #Ziarah #Ramadan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar