KPU Pertanyakan Keaslian Form C1 yang Diamankan di Menteng

Komisi Pemilihan Umum (Dok.kpu.go.id)

Arah -Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertanyakan keaslian sejumlah formulir C1 asal beberapa daerah di Jawa Tengah yang diamankan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019) lalu.

"Kalau ada dokumen seperti itu, itu betul dokumen yang sumbernya dari KPU atau tidak, asli atau tidak," ujar anggota KPU Hasyim Asyari, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Menurut Hasyim, ada beberapa cara memastikan keaslian formulir C1 yang ditemukan. Dokumen asli yang berasal dari KPU mempunyai hologram.

“Kalau yang disampaikan kepada saksi, kepada Panwas itu bentuknya fotokopian, oleh karena itu harus dipastikan itu," katanya.

Baca Juga: Joko Driyono Jalani Sidang Perdana Kasus Pengaturan Skor
Penuhi Panggilan KPK, Sofyan Basir Jalani Pemeriksaan Perdana

Lebih lanjut, dari segi substansi angka yang terdapat dalam C1 harus sama antara hasil perhitungan di TPS maupun di PPK.

“Kalau angka-angkanya tidak sesuai, ini kan berarti beda dengan produk KPU atau produk dalam proses pemilu yang resmi," kata Hasyim.

Dia menambahkan agar tidak menimbulkan spekulasi maka perlu dilakukan adanya konfirmasi ataupun pengecekan.

“Karena itu dalam situasi ini supaya tidak menimbulkan spekulasi-spekulasi di lapangan, maka kemudian harus dikonfirmasi kepada KPU," pungkasnya.(ant)

Berita Terkait

Situng KPU 65,02%: Jokowi-Ma'ruf 56,10%, Prabowo-Sandi 43,90% Situng KPU 65,02%: Jokowi-Ma'ruf 56,10%, Prabowo-Sandi 43,90%
Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih
Sebuah Renungan: IT KPU Kita Pernah Berjaya Sebuah Renungan: IT KPU Kita Pernah Berjaya

#kpu #formulir C1 #pemilu serentak 2019 #pilpres 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar