Ini 7 Sektor Usaha Terdampak Kenaikan Tarif Ojek Online

Ilustrasi ojek online (kemenhub.go.id)

Arah - Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal menilai ada tujuh sektor usaha yang terdampak langsung dengan kenaikan tarif ojek online (ojol) yang diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor 348 Tahun 2019.

Fithra menyebutkan ketujuh sektor kunci yang berkaitan langsung dengan kehadiran transportasi daring berbasis aplikasi adalah angkutan jalan raya, jasa reparasi mobil dan motor, restoran, industri sepeda motor, jasa informasi, jasa perusahaan dan jasa penunjang angkutan.

"Sektor ini memiliki keterkaitan ke depan dan belakang terhadap ojol. Kalau terjadi kontraksi, akan berdampak signifikan meskipun butuh waktu," ujar Fithra pada konpers hasil survei RISED di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Baca Juga: Mainkan Harga, 56 Importir Bawang Putih Di-blacklist
Jual 10.148 Kendaraan, Total Transaksi IMS 2019 Rp3,1 Triliun

Menurut dia, kenaikan tarif ojol tidak hanya akan menurunkan penghasilan mitra pengemudi aplikasi karena beralihnya konsumen terhadap alternatif transportasi umum yang lebih murah. Tarif uji coba yang mulai berlaku sejak 1 Mei juga akan berpengaruh terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Proyeksi saya jika ini berlangsung lama, akan ada potensi kehilangan bisnis tertentu. Jasa restoran dan lainnya itu menyumbang di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Pemerintah diharapkan melakukan evaluasi berkala dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang. Hal ini untuk meninjau efektivitas kebijakan terhadap kesejahteraan konsumen dan pengemudi. (ant)

Berita Terkait

Pengusaha Mebel Yakin Tembus Target Ekspor 5 Miliar Dolar AS Pengusaha Mebel Yakin Tembus Target Ekspor 5 Miliar Dolar AS
Tarif Baru Ojek Online Mulai Berlaku, Ini Daftar Lengkapnya      Tarif Baru Ojek Online Mulai Berlaku, Ini Daftar Lengkapnya
Tarif Taksi Online Mahal Saat Jam Sibuk, Ini Langkah Kemenhub Tarif Taksi Online Mahal Saat Jam Sibuk, Ini Langkah Kemenhub

#tarif #Tarif Ojek Online #Kemenhub #Sektor Industri #bisnis #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar