TPS Terbanyak di Bogor, Butuh 19 Hari untuk Hitung Suara

Komisi Pemilihan Umum (Dani Hermansyah/Arah.com)

Arah - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terkendala waktu untuk menghitung suara karena jumlah daftar pemilih tetapnya terbanyak di Indonesia. Khusus untuk menghitung suara di Kecamatan Cibinong dengan 987 tempat pemungutan suara (TPS) membutuhkan waktu 19 hari.

"Faktor kesulitannya, seperti lima kecamatan terakhir, jumlah TPS-nya luar biasa," ujar Ketua KPU Kabupaten Bogor Ummi Wahyuni kepada antara di lokasi rapat pleno tingkat kabupaten, Babakan Madang Kabupaten Bogor, Selasa (7/5/2019).

Lamanya penghitungan suara di Kecamatan Cibinong ini membuat penghitungan suara di tingkat kabupaten tertunda. Semestinya dibacakan pada Senin malam, baru dibacakan Selasa sore karena kotak suara dari Cibonong baru tiba di lokasi pukul 14.30 WIB.

"Bukan faktor kesengajaan, melainkan banyaknya volume TPS dan faktor kelelahan, petugas," terangnya.

Meski begitu, lanjut Ummi, penghitungan suara tingkat Kabupaten Bogor selesai pada Selasa setelah penghitungannya berlangsung 7 hari sejak Rabu (1/5/2019) untuk menghitung suara dari total 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Menang di Vancouver, Prabowo-Sandi Unggul di Riyadh
Bawaslu Minta Cek Ulang Formulir C1 untuk Perth

Setelah hasil rapat pleno disepakati, angkanya akan dituangkan dalam formulir berita acara DB1. Formulir DB1 bersama kertas suara akan dikirim ke Bandung, Jawa Barat, untuk dibacakan di tingkat provinsi.

"Saya belum tahu jadwal dibacakannya suara Kabupaten Bogor. Karena sesuai dengan kedatangan kotak, artinya kalau Kabupaten Bogor hari ini datang, saya tidak tahu urutan ke berapa," kata Ummi.

Untuk diketahui, DPT Kabupaten Bogor jumlahnya terbayak di Indonesia, yakni 3.494.743 pemilih. Jumlah tersebut terbagi atas 1.788.899 pemilih pria, dan 1.705.844 pemilih perempuan. Mereka menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 di ribuan TPS yang tersebar di 435 desa.

Berita Terkait

Bawaslu Tanyakan Tindak Lanjut Pemilihan di KL dan Sydney        Bawaslu Tanyakan Tindak Lanjut Pemilihan di KL dan Sydney
Bawaslu Minta Cek Ulang Formulir C1 untuk Perth Bawaslu Minta Cek Ulang Formulir C1 untuk Perth
Ketua Bawaslu: Pelanggaran Situng Telah Ditindaklanjuti Ketua Bawaslu: Pelanggaran Situng Telah Ditindaklanjuti

#Penghitungan Suara Pilpres 2014 #kpu #bawaslu #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar