Komisi II DPR Evaluasi Pemilu Usai Penghitungan Suara

RDP KPU dengan Komisi II DPR. (Dok.KPU)

Arah - Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali mengatakan pihaknya akan menggelar rapat evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setelah proses penghitungan suara selesai atau pada 23 Mei 2019.

"Kami jadwalkan rapat dengan KPU dan Bawaslu setelah tahapan selesai sekaligus evaluasi secara keseluruhan yaitu pada 23 Mei mendatang," ujar Amali usai Rapat Internal Komisi II di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Dia menjelaskan, pihaknya sengaja memilih 23 Mei agar tidak mengganggu proses perhitungan suara karena harus tepat waktu pada 22 Mei.

"Tadi kami menetapkan jadwal lalu menyikapi perkembangan tentang Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres," jelasnya.

Baca Juga: Situng KPU 73,13%: Jokowi-Ma'ruf 56,23%, Prabowo-Sandi 43.77%
BPN Siap Paparkan Hasil Penghitungan Internal ke Publik

Dikatakan Amali, poin-poin yang akan dibahas antara lain terkait banyaknya petugas KPPS yang meninggal dalam melaksanakan tugasnya. Permasalahan itu langsung disikapi Pimpinan Komisi II DPR dengan menyurati Pimpinan KPU dan Bawaslu.

Dia menambahkan Rapat Internal Komisi II DPR tidak membahas terkait usulan pembentukan Panita Khusus (Pansus) Pemilu.

"Pansus itu diusulkan perorangan kemudian apabila memenuhi persyaratan, akan dirapatkan di Badan Musyawarah (Bamus) DPR lalu dijadwalkan di Rapat Paripurna. Kalau paripurna setuju maka bisa jalan, kalau tidak setuju maka tidak jalan," pungkasnya. (ant)

Berita Terkait

Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih
Situng KPU 65,02%: Jokowi-Ma'ruf 56,10%, Prabowo-Sandi 43,90% Situng KPU 65,02%: Jokowi-Ma'ruf 56,10%, Prabowo-Sandi 43,90%
TPS Terbanyak di Bogor, Butuh 19 Hari untuk Hitung Suara TPS Terbanyak di Bogor, Butuh 19 Hari untuk Hitung Suara

#Komisi II DPR #kpu #bawaslu #pemilu serentak 2019 #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar