Bandara Kertajati Disiapkan Tampung 20 Kloter Haji Jabar

Suasana ruang tunggu pesawat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). BIJB merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng yang memiliki luas lahan mencapai 1.800 hektar. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Arah - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, disiapkan untuk bisa menampung 20 kloter haji asal Jawa Barat, atau sekitar 4.000 calon jamaah haji.

Meski demikian, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan tengah disiapkan secara teknis kepastian 20 kloter itu bisa berangkat dari Kertajati atau tidak.

"Kita sudah siap untuk 20 kloter berangkat dari Kertajati. Sekarang sedang mempersiapkan teknis apakah yang 20 kloter itu bisa semua dari Kertajati atau tidak. Kalau tidak, mungkin Jabar bagian timur semua dari sana," ujarnya usai rakor di Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut Uu, pada dasarnya kapasitas Bandara Kertajati mampu untuk menampungnya.

"Pada prinsipnya kami mempersiapkan untuk 20 kloter semua Jabar," tuturnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dalam rakor dibahas mengenai kemampuan penerbangan dan hotel untuk menampung para calon jamaah haji.

Menurut dia, karena letaknya kemungkinan Bandara Kertajati akan menjadi embarkasi haji dan umroh khusus untuk Jawa Barat bagian timur meliputi Cirebon, Majalengka, Subang, Indramayu, Kuningan, Tasikmalaya hingga Ciamis.

Baca Juga: Kemenhub Akan Masukkan Sanksi di Aturan Ojek Daring
Perang Dagang dengan AS Memanas, Cina Siapkan Balasan

Dia menyebut besaran kuota bukan jadi masalah karena pada dasarnya hanya akan memindahkan pemberangkatan.

"Perkiraan kira-kira 20 penerbangan. Kalau 20 penerbangan dikali 200 penumpang sekitar 4.000an jamaah. Itu untuk haji tahun ini," katanya.

Sementara untuk umroh, Budi menyebut calon jamaah umroh Jabar yang diperkirakan sekitar 1 juta jamaah per tahun bisa dialihkan separuhnya ke Bandara Kertajati.

"Umrohnya di Jabar semua 1 juta. Katakanlah bagian barat sekitar 500 ribu, jadi ya setahun 500 ribu (ke Kertajati)," pungkasnya.(ant)

Berita Terkait

Bandara Kertajati Mulai Sosialisasikan Layanan Penerbangan Haji Bandara Kertajati Mulai Sosialisasikan Layanan Penerbangan Haji
Demi Kebanggaan Bangsa, Indonesia Perlu Punya Hotel Haji di Arab Demi Kebanggaan Bangsa, Indonesia Perlu Punya Hotel Haji di Arab
Tambahan 10.000 Kuota Haji Dibagi ke Seluruh Provinsi Tambahan 10.000 Kuota Haji Dibagi ke Seluruh Provinsi

#Bandara Kertajati #Ibadah Haji #haji #Kemenhub #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar