Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan

Ilustrasi air minum (Pexels)

Arah - Menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah puasa harus dilakukan. Hal ini karena banyak terjadi perubahan pola hidup selama menjalankan ibadah puasa, mulai dari makan hingga tidur yang berkurang.

"Perlu mengatur pola makan yang dapat dilakukan saat berbuka puasa dan sahur. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan air yang cukup," ujar Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Tugu Kota Depok Jawa Barat, dr. Eka Kurniati, Minggu (12/5/2019).

Menurut Eka, saat berbuka harus mengonsumi makanan atau minuman manis sebagai pengganti kadar gula yang rendah selama berpuasa. Selain itu katanya dianjurkan minum air putih 8–10 gelas mulai dari buka puasa hingga sahur.
Sedangkan untuk makanan yang dihidangkan harus memenuhi gizi seimbang di antaranya makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Baca Juga: Menu Buka Puasa dan Sahur Rian D'Masiv
Cara Jaga Kebutuhan Asupan Air Saat Berpuasa

Meski berpuasa, lanjut dia, juga harus tetap melakukan aktivitas fisik yang memungkinkan selama 30 menit setiap harinya. Selain itu, dia menganjurkan untuk melakukan cek kesehatan secara rutin bagi penderita hipertensi.

"Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan. Karena dengan cek kesehatan kita tahu bagaimana kondisi tubuh setelah menjalankan ibadah puasa," katanya.(ant)

Berita Terkait

Cara Jaga Kebutuhan Asupan Air Saat Berpuasa Cara Jaga Kebutuhan Asupan Air Saat Berpuasa
Kegemukan? Hindari Ini Jika Tidak Ingin Hal Itu Terjadi Kegemukan? Hindari Ini Jika Tidak Ingin Hal Itu Terjadi
Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa? Suami Mengajak Berhubungan Intim, Bolehkah Membatalkan Puasa?

#tips #Tips Sehat #Tips Ramadan #Ramadan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar