Penolakan Hasil Pilpres Akan Berdampak pada Hasil Pileg

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (arah.com/Haryanto)

Arah - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan penolakan hasil Pemilu Presiden 2019 akan berdampak juga pada hasil Pemilu Legislatif, sehingga kontestan Pilpres harus dewasa dalam berpolitik.

"Kalau Pemilu tidak diakui maka konsekuensinya berdampak pada hasil pemilihan legislatif, padahal partai politik pengusung kedua capres-cawapres memperoleh capaian maksimal bagi para calon anggota legislatifnya," ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Hal itu dikatakannya menanggapi pernyataan BPN Prabowo-Sandi yang akan menolak hasil rekapitulasi suara KPU yang curang.

Menurut Bamsoet, kalau hasil Pemilu tidak diakui, pertanyaannya apakah harus dilakukan Pemilu ulang, dan para caleg yang sudah "berdarah-darah" di Pileg ingin mengulang prosesnya karena Pileg dan Pilpres merupakan satu kesatuan yang dilakukan dalam satu hari.

Baca Juga: Instalasi Minyak Arab Saudi Diserang Drone
Paparkan Hasil Penghitungan Internal, BPN: Mari Adu Data Saja

Karena itu dia menyarankan agar semua pihak dewasa dalam berpolitik. Jika memiliki bukti-bukti yang sah terkait dugaan kecurangan Pemilu, ajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau nanti di MK ternyata benar (ada kecurangan) dan yang bersangkutan menang, itu langsung secara resmi dan legal ditunjuk sebagai pemenang," jelasnya.

Bamsoet menilai kalau hanya pembentukan opini ada dugaan kecurangan dalam Pemilu, hanya akan menghasilkan kebisingan dan ketidaknyamanan di masyarakat. Dia mengimbau kepada para elit di paslon 01 maupun 02, segera meredakan tensi dan mendahulukan kepentingan bangsa.(ant)

Berita Terkait

Begini Harapan Ketua DPR Terkait Pemilu 2019 Begini Harapan Ketua DPR Terkait Pemilu 2019
Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpengaruh Isu Negatif          Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpengaruh Isu Negatif
17 April 2019 Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional 17 April 2019 Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

#pilpres 2019 #Pemilu 2019 #bpn #Bambang Soesatyo #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar