Aturan Penurunan Batas Atas Berlaku 16 Mei 2019

Ilustrasi pesawat (Pixabay)

Arah - Aturan tarif yang merupakan revisi dari Keputusan Menteri Nomor 72 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri mulai berlaku pada Kamis (16/5/2019). Penurunan tarif batas atas di kisaran 12-16 persen seperti hasil rapat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

“Ya memang hari ini dikeluarkan, realisasinya besok,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kemenhub, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Maskapai dengan penerbangan pelayanan penuh (full service) wajib melaksanakan aturan tersebut. Aturan tersebut tidak berlaku untuk pesawat baling-baling (propeller) seperti ATR-72. Penurunan batas atas 12 persen akan berlaku untuk rute-rute populer, seperti Jawa. Sementara, penurunan batas atas 16 persen berlaku untuk rute ke Jayapura.

Baca Juga: AHY dan 8 Kepala Daerah Rumuskan Perdamaian Jelang 22 Mei
Ulang Tahun ke-77, Ini Harapan Wapres Jusuf Kalla

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagyo menilai penurunan tarif batas atas tidak serta merta berpengaruh ke penurunan tarif pesawat. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim ramai (peak season) Lebaran) di mana maskapai seharusnya mendulang untung untuk menutupi biaya operasional.

“Ini lagi ‘peak season’, gimana caranya orang jualan lagi banyak peminatnya tapi harganya diturunkan. Padahal maskapai sudah rugi, tarif yang tinggi itu untuk menutup kerugian itu,” katanya.(ant)

Berita Terkait

Aturan Penetapan Tarif Pesawat Batas Atas-Bawah Kelas Ekonomi Aturan Penetapan Tarif Pesawat Batas Atas-Bawah Kelas Ekonomi
Menhub Harap Tarif Tiket Pesawat Jelang Lebaran Terjangkau Menhub Harap Tarif Tiket Pesawat Jelang Lebaran Terjangkau
Menhub Nilai Perlu Pengendalian Harga Tiket Pesawat Menhub Nilai Perlu Pengendalian Harga Tiket Pesawat

#tarif pesawat #Kemenhub #Harga Tiket Pesawat #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar