Hingga Hari ke-12 Ramadan, Penarikan Tunai Capai Rp37 Triliun

Ilustrasi Uang (@Foter.com -AdamCohn)

Arah - Bank Indonesia mencatat hingga hari ke-12 Ramadan, realisasi penarikan uang tunai mencapai Rp37 triliun atau 17 persen dari total jumlah yang disiapkan untuk Ramadan dan libur Lebaran 2019.

"Untuk keperluan Ramadan dan libur Lebaran, BI telah menyiapkan uang tunai Rp217,1 triliun dan pada hari ke-12 ini sudah keluar sekitar Rp37 triliun," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi saat mengunjungi kas keliling terpadu di kawasan Monumen Nasional Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Rosmaya mengatakan realisasi penarikan uang tunai pada pekan pertama Ramadan mencapai Rp22,2 triliun atau 10,2 persen dari total kebutuhan sebesar Rp217,2 triliun.

"Biasanya akan ramai pada pekan keempat untuk kegiatan penukaran ini," katanya.

Baca Juga: Ini Tarif Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Per 17 Mei 2019
Pemerintah Terapkan Kebijakan APBN Countercyclical

BI menyiapkan uang tunai Rp217,1 triliun untuk Ramadan dan Lebaran 2019 atau meningkat 13,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018 yang sebesar Rp191,3 triliun. Kenaikan 13,5 persen tersebut lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Dalam lima tahun terakhir naiknya selalu 13,3 persen. Khusus tahun ini naik 13,5 persen. Ternyata masyarakat masih bergerak aktif untuk merayakan Idul Fitri dan konsumsi masyarakat juga tumbuh dengan baik," katanya.

Peningkatan ini disebabkan tiga alasan utama, yakni libur Lebaran selama 10 hari, dari 30 Mei sampai 9 Juni, kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN), serta pencairan tunjangan hari raya.

Berita Terkait

Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya Kawal Pemeriksaan Rizieq, FPI Siap Geruduk Mapolda Metro Jaya
Persija Siapkan Kekuatan Penuh Di Piala Presiden Dan AFC Cup Persija Siapkan Kekuatan Penuh Di Piala Presiden Dan AFC Cup
BI: Pengguna Bitcoin di Indonesia Turun Tajam BI: Pengguna Bitcoin di Indonesia Turun Tajam

#Bank Indonesia #Uang Tunai #Ramadan #Lebaran #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar