Tunangan Jamal Khashoggi Tekan AS Desak Tanggung Jawab Arab Saudi

Tunangan wartawan Arab Saudi yang dibunuh Jamal Khashoggi pada Kamis (16/5) menyeru Kongres AS agar memimpin penyelidikan baru internasional mengenai pembunuhan tunangannya, Hatice Cengiz, (ANTARA photo/Anadolu)

Arah - Tunangan wartawan Arab Saudi yang dibunuh Jamal Khashoggi pada Kamis (16/5/2019) menyerukan kepada Kongres AS agar memimpin penyelidikan baru internasional mengenai pembunuhan tunangannya.

Hatice Cengiz melontarkan kecaman terhadap sikap Pemerintah Presiden AS Donald Trump terkait pembunuhan Khashoggi. Dia mengatakan kepada sub-komite Urusan Luar Negeri Majelis Permusyawaratan AS, bahwa apa yang mereka lakukan belum cukup untuk menyeret pelaku yang bertanggung-jawab atas perbuatan itu.

"Trump memberitahu dirinya masalah itu "akan diselesaikan", tapi "tujuh, delapan bulan kemudian kami melihat tak ada apa-apa yang telah dilakukan dan itu sebabnya mengapa saya ada di sini hari ini," kata Cengiz.

Cengiz bertemu dengan Jamal Khashoggi dalam satu konferensi di Istanbul, Turki, pada 2018. Setelah sejumlah interaksi, Khashoggi mengatakan ingin menikahi Cengiz dan berencana pindah ke Washington.

Semuanya berubah pada awal Oktober tahun lalu, ketika Jamal Khashoggi pergi ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul untuk memperoleh dokumen yang akan memungkinkan dia menikahi Cengiz.

Baca Juga: Utang Luar Negeri Indonesia Hingga Kuartal I Rp5.503 Triliun
Startup Ini Tak Sekadar Decacorn Pertama di Asia Tenggara

Setelah memasuki gedung Konsulat, Khashoggi dibunuh. Setelah sempat memberikan serangkaian cerita yang berubah-ubah, Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengakui Khashoiggi tewas di dalam Konsulat tapi menyalahkan peristiwa tersebut pada upaya penahanan yang gagal.

"Jamal memberitahu saya bahwa Washington adalah kota yang indah dan kami akan menjalani hidup yang indah," kata Cengiz, sebagaimana dikutip Kantor Berita Turki, Anadolu yang dipantau Antara di Jakarta.

Berita Terkait

Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI Gejolak Kebijakan Trump Khawatirkan Pemerintah RI
Amerika Serikat Jual Peluru Kendalinya ke Arab Saudi Amerika Serikat Jual Peluru Kendalinya ke Arab Saudi
Flu Unggas Mematikan, Arab Hentikan Impor Ayam dari Amerika Flu Unggas Mematikan, Arab Hentikan Impor Ayam dari Amerika

#Wartawan Tewas #pembunuhan #Amerika Serikat #Arab Saudi #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar